5 Tips Merawat Wajan Agar Awet

[ARTIKEL] 17 Jan 2022

Tips Merawat Wajan Agar Awet dan Tahan Lama

5 Tips Merawat Wajan Agar awet

Setelah membahas beberapa topik wajan mulai dari memilih jenis dan ukuran hingga penggunaan wajan, kali ini topiknya juga tidak kalah menarik yaitu tentang merawat wajan. Jadi setelah memilih dan membeli kali ini mari kita bahas tentang bagaimana merawatnya serta apa saja akibat yang akan ditimbulkan jika salah merawat wajan kesayangan kita.

Yuk, silahkan simak 5 tips merawat wajan agar awet dan tahan Lama :

1. Gunakan Spatula/Sodet Non Logam

Gunakan Spatula/Sodet Non Logam

Sodet berbahan logam berpotensi menggores permukaan wajan. Gesekan antara wajan berlapis teflon dan sodet berbahan logam beresiko akan menggores lapisan wajan menjadi terkikis. maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan spatula berbahan non logam seperti kayu atau Material Silikon yang tahan panas.

2. Gunakan Api Kecil / Sedang

Gunakan Api Kecil / Sedang

Saat memasak, usahakan untuk menggunakan api sedang. Suhu api yang terlalu tinggi dapat menurunkan ketahanan wajan dan merusak lapisan anti lengket.

3. Dinginkan sebelum Dicuci

Dinginkan sebelum Dicuci

Pada saat selesai menggunakan wajan usahakan jangan langsung dicuci, dinginkan terlebih dahulu agar tidak terjadi perubahan suhu secara drastis. Perubahan suhu wajan secara drastis dari panas ke dingin secara terus menerus dapat mengakibatkan wajan menjadi kurang awet dan cepat rusak.

4. Cuci Dengan Lembut

Cuci Dengan Lembut

Mencuci wajan dengan lapisan teflon sebaiknya gunakanlah spon berbahan lembut, busa spon yang memiliki tekstur lembut dapat melindungi tekstur dan permukaan wajan. Hal ini juga bisa diterapkan untuk berbagai jenis wajan lainya agar terhindar dari gesekan dari benda kasar yang dapat merusak wajan.

5. Hindari Menumpuk Wajan

Hindari Menumpuk Wajan

Menumpuk wajan dan bercampur dengan berbagai jenis alat dapur lainnya dapat beresiko menyebabkan gesekan antara wajan dan alat lainya. Nah untuk menghindari hal tersebut usahakan untuk menggantung wajan satu persatu pada tempat yang tersedia di dapur. anda juga perlu menghindari menumpuk wajan pada wastafel tempat cuci piring anda agar tidak bergesekan dengan berbagai macam benda kasar yang berpotensi menggesek wajan.

Nah itu dia 5 tips merawat wajan agar lebih awet, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita. Menerapkan tips-tips kecil seperti ini akan sangat bermanfaat jika anda sering berada di dapur agar berbagai peralatan kesayangan anda lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga :

Tidak lupa juga untuk selalu menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco untuk berbagai kebutuhan menggoreng dan memasak. Minyak goreng kelapa Mamaco terbuat dari kelapa kopra murni sehingga lebih sehat dan bebas dari resiko penumpukan lemak pada perut.

Selain lebih sehat bagi tubuh, minyak goreng kelapa Mamaco juga lebih hemat dari segi pemakaian. Dapat digunakan lebih dari 6 kali penggorengan bahkan lebih dan tetap jernih.

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.