3 Hal Penting Tentang Imun Tubuh

[ARTIKEL] 30 Jun 2021

Pandemi Covid-19 yang masih terus melanda hingga saat ini membawa banyak dampak terhadap kehidupan banyak orang, tak terkecuali anak-anak. Kondisi seperti ini perlu disikapi dengan berbagai cara agar keluarga tetap sehat dan memiliki imun tubuh yang kuat, tak terkecuali anak-anak. Namun kenyataanya masih banyak orang tua yang tidak terlalu mengerti dan memahami betapa pentingnya meningkatkan imun tubuh anak .

Sebagai orang tua yang senantiasa mendampingi anak, perlu memperhatikan imun atau daya tahan tubuh anak agar anak memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga dapat terhindar dari berbagai resiko sakit di kemudian hari. Berbicara mengenai imun tubuh yang banyak diperbincangkan saat ini perlu Moms fahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan imun tubuh itu?

Berikut ini akan kami bagikan 3 Hal Penting yang perlu Moms pahami mengenai imun tubuh.

Apa itu Sistem Imun ?

Sistem imun adalah sistem yang membentuk kemampuan tubuh untuk melawan bibit penyakit dengan menolak berbagai benda asing yang masuk ke tubuh agar terhindar dari penyakit. Terdapat dua kategori imun pada tubuh yaitu ;

- Sistem imun bawaan (innate) yang bersifat non-spesifik Daya tahan tubuh non-spesifik yaitu daya tahan terhadap berbagai bibit penyakit yang tidak selektif, artinya tubuh harus mengenal dahulu jenis penyakitnya dan tidak harus memilih bibit penyakit tertentu untuk dihancurkan.

- Sistem imun adaptif yang bersifat spesifik Daya tahan tubuh spesifik yaitu daya tahan tubuh yang khusus untuk jenis bibit penyakit tertentu saja. Hal ini mencakup pengenalan dahulu terhadap bibit penyakit, kemudian memproduksi antibodi atau T-limfosit khusus yang hanya akan bereaksi terhadap bibit penyakit tersebut.

Pada dasarnya setiap orang memang sudah memiliki sistem imun untuk menjaganya dari virus dan bakteri yang ada di sekitar, baik di udara ataupun yang menempel pada benda-benda yang ada di keseharian kita. Namun, pada kondisi saat ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan serta menjaga imun tubuh keluarga agar lebih kebal terhadap berbagai resiko terserang virus atau penyakit lainnya.

Baca Juga :

- Pentingnya Dukungan Nutrisi untuk Kanker Anak

- Manfaat Nasi untuk Mendukung Kesehatan dan Tumbuh Kembang Buah Hati

Cara Meningkatkan dan Menjaga Imun Tubuh

Meskipun tidak ada yang instan, tetapi masih ada beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan dalam arti bisa kita lakukan sendiri dirumah bersama keluarga. Berikut ini cara sederhana untuk meningkatkan imun tubuh ;

1. Olahraga Secara Teratur

Saat kondisi seperti saat ini yang mengharuskan kita tetap berada dirumah, Moms dan keluarga bisa melakukan olahraga ringan seperti senam atau yoga. Kebiasaan olahraga ringan ini bisa Moms dan keluarga lakukan min 30-45 menit setiap hari. Kebiasaan berolahraga yang dilakukan bersama anak-anak juga secara langsung mengajarkan kepada anak betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan cara berolahraga.

2. Cukupi Minum Air Putih

Ternyata manfaat banyak minum air putih salah satunya adalah membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh. Pada saat yang sama, air yang kita minum juga akan membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh sehingga tidak menumpuk dan mengganggu daya tahan tubuh.

3. Waktu istirahat Cukup

Pada saat melakukan berbagai aktivitas yang cukup padat dan tidak dibarengi dengan tidur yang cukup. Biasanya dalam beberapa waktu kemudian Anda malah kena flu, batuk, atau pilek akibat infeksi. Karena faktanya bahwa tidur cukup bisa memperbaiki kinerja sel imun, khususnya sel limfosit T yang berperan dalam melawan infeksi penyakit. Maka dengan mengatur jam istirahat yang cukup dapat membantu tubuh untuk membentuk imun menjadi lebih kuat terhadap serangan berbagai infeksi.

4. Pola Makanan Teratur

Dengan pola makan secara teratur dan sehat sehat setiap hari, kita akan mendapatkan berbagai asupan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang berguna untuk meningkatkan imun tubuh. Pola makan yang tidak menentu akan sangat berpengaruh terhadap sistem pencernaan dan penyerapan imun. Maka, karena nutrisi yang berasal dari makanan tidak bisa diserap oleh tubuh secara teratur akan mengakibatkan sistem imun pada tubuh menurun.

Menjaga Asupan Nutrisi Tubuh

Setelah mengetahui bagaimana cara meningkatkan imun tubuh selanjutnya akan kami bagikan juga bagaimana cara menjaga imun tubuh agar tetap stabil dan tercukupi. dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Atur pola makan harian
  2. Konsumsi biji-bijian
  3. Variasikan sumber protein Anda dari berbagai kelompok makanan
  4. Minumlah produk olahan susu yang rendah lemak

Rekomendasi Makanan Kaya Nutrisi untuk Menambah Imun Tubuh

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tentu memerlukan asupan makanan yang seimbang dan mudah didapatkan. Perlu diketahui makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh adalah makanan yang mengandung vitamin C, B6, E, kemudian mineral seperti zinc yang dapat membantu menjaga kemampuan tubuh untuk membuat sel dan enzim baru, memproses karbohidrat, lemak, serta protein dalam makanan, juga untuk meningkatkan kecepatan penyembuhan otot dan luka. Umumnya makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi adalah ;

  • Sayuran hijau
  • Buah-buahan
  • Daging dan telur
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Ikan dan makanan laut
  • Susu

Baca juga : 5 Inspirasi Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Yang tidak kalah penting lagi adalah cara mengolah makanan tersebut yang juga berpengaruh terhadap kandungan nutrisi. Karena itu, untuk menjaga kualitas nutrisi pada makanan maka perlu untuk memperhatikan bahan yang digunakan untuk mengolahnya. Terutama pada pemilihan jenis minyak goreng, pemilihan minyak goreng sangat berpengaruh terhadap hasil dan kualitas makanan. Jika makanan diolah menggunakan minyak goreng yang tidak sehat, maka kualitas makanan akan terpengaruh dan terkontaminasi dari kandungan minyak itu sendiri.

Menggunakan minyak goreng sehat sebagai pilihan memasak akan menjadikan kualitas dan kandungan nutrisi makanan tetap terjaga, salah satu minyak goreng sehat yang bisa anda gunakan adalah minyak goreng kelapa. Selain kaya akan kandungan lemak baik yang sangat bermanfaat untuk tubuh, minyak goreng kelapa juga memiliki berbagai keunggulan dibandingkan minyak goreng lain.

Baca juga : 6 Keunggulan Minyak Goreng Kelapa

Mamaco sebagai minyak goreng kelapa sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis masakan baik untuk menggoreng dan menumis. Ciri khas warna yang jernih dan teksturnya yang encer, menjadikan minyak goreng kelapa Mamaco mudah untuk dicerna dan diserap menjadi energi didalam tubuh.

Dengan demikian Menggunakan Minyak goreng kelapa Mamaco sangat cocok bagi Moms dan keluarga jika ingin menerapkan hidup sehat dengan didukung menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco. Dengan didukung menggunakan minyak goreng kelapa sehat kualitas makanan menjadi lebih aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Semoga setelah kami bagikan informasi tentang pentingnya pemahaman imun tubuh kepada Moms, kedepan Moms dan keluarga bisa belajar membiasakan diri menjadi lebih baik untuk menjaga imun tubuh serta terbiasa mengkonsumsi makanan yang diolah menggunakan minyak goreng yang sehat.

Baca juga : Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh Minyak Aman 3-MCPD Mamaco Sudah Terbukti

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.