5 Tips Memaksimalkan Belajar Online Anak

[ARTIKEL] 28 Jun 2021

Memaksimalkan Belajar Online Anak

5 Tips Memaksimalkan Belajar Online Anak

Hai moms, pada artikel kali ini, Mamaco akan membagikan informasi menarik seputar cara memaksimalkan belajar anak di masa pandemi seperti sekarang ini menggunakan teknologi digital (online). Simak terus tulisan pada artikel ini, agar moms lebih mudah memanfaatkan teknologi digital untuk memaksimalkan hasil belajar dari sang buah hati tercinta. Jadi selamat membaca ya moms.

Seperti yang kita ketahui bersama ya moms, pandemi masih berlangsung sampai dengan sekarang ini. Berbagai aktivitas jadi susah sekali untuk dilakukan, khususnya aktivitas belajar mengajar. Gimana kerasa kan moms, susahnya melakukan aktivitas belajar mengajar, terutama untuk sang buah hati tercinta yang masih butuh belajar. Namun, sekarang ini dengan adanya teknologi, berbagai aktivitas dapat kita lakukan dengan lebih mudah loh Moms, salah satunya adalah aktivitas belajar mengajar.

Dengan bantuan teknologi, aktivitas belajar mengajar tidak lagi terkendala oleh ruang dan waktu, semuanya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Ruang informasi semakin terbuka lebar, dan memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Ironisnya, perkembangan teknologi yang begitu cepat tidak dibarengi dengan pengetahuan dan kebiasaan kita untuk menggunakan teknologi itu sendiri, seperti contoh penggunaan teknologi digital dalam aktivitas belajar mengajar. Berbagai kendala dihadapi, mulai dari persoalan infrastruktur sampai dengan ketidaktahuan dalam penggunaan teknologi digital sebagai alat bantu dalam aktivitas belajar mengajar.

Keberadaan teknologi sebagai suatu alat untuk mempermudah aktivitas, seolah malah menjadi penghambat untuk melakukan aktivitas belajar mengajar, karena beberapa dari kita masih ada yang kesusahan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk aktivitas belajar. Sehingga menjadikan aktivitas belajar mengajar seolah kurang menyenangkan, kurang nyaman dilakukan dan hasilnya dirasa kurang maksimal.

Sebagai orang tua pasti memiliki keresahan dan kekhawatiran tersendiri karena situasi seperti ini. Maka dari itu penting bagi orang tua untuk tahu bagaimana cara agar memaksimalkan hasil belajar anak menggunakan teknologi digital (online) dengan beberapa cara, seperti yang akan Mamaco bagikan berikut ini.

1. Siapkan Lokasi Khusus untuk Belajar Anak

Saat belajar dilakukan dirumah seperti saat ini, Moms perlu menyiapkan lokasi khusus untuk belajar anak agar tidak terganggu dengan berbagai aktivitas yang terjadi di rumah. Pastikan bahwa lokasi khusus ini membuat nyaman anak untuk belajar dalam waktu yang cukup lama. Usahakan Lokasi untuk belajar anak cukup dari cahaya dan udara yang sejuk.

Saat melakukan belajar secara online, sinyal sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar dan audio, jadi dekat dengan sumber sinyal internet akan sangat membantu aktivitas belajar online agar sambungan internet lebih stabil apabila moms, menggunakan sambungan internet nirkabel (wifi).

Namun jika moms, ingin sambungan internet yang lebih stabil, moms bisa menyiapkan komputer dengan sambungan kabel ke jaringan internet, agar tidak mengganggu aktivitas belajar online karena permasalahan sambungan internet yang kurang stabil. Hiasi tempat belajar anak dengan berbagai pernak pernik kesukaan sang buah hati agar suasana belajar anak semakin nyaman dan menyenangkan, sehingga dapat mendukung aktivitas belajar menggunakan teknologi digital (online).

2. Berikan Motivasi Kepada Anak

Dengan memberikan motivasi kepada anak, semangat anak akan bangkit dan mengurangi rasa malas anak meskipun belajar dilakukan secara online di rumah. Moms juga bisa mengajarkan kepada anak untuk bisa memotivasi dirinya sendiri, dengan selalu memberi pengertian kepada anak bahwa belajar itu penting dan bermanfaat untuk bekalnya di masa mendatang. Contoh motivasi yang bisa Moms berikan agar Anak termotivasi adalah sebagai berikut ;

“Nak, jika kamu semangat belajar kelak kamu bisa meraih mimpimu di masa depan”

Moms bisa menunjuk sosok tokoh yang digemari sang buah hati sebagai contoh sosok yang berhasil, karena memiliki ilmu pengetahuan dan tidak malas. Jadi apabila sang buah hati moms ingin menjadi sosok idamannya, maka sang buah hati tidak boleh malas, dan wajib rajin belajar dengan penuh semangat. Selain itu anda juga bisa memberikan reward seperti hadiah sederhana sesuai dengan kesukaan anak setelah ia menyelesaikan tugas belajarnya.

3. Atur Waktu dengan Baik

Dengan mengatur waktu belajar anak dengan baik, maka target belajar anak bisa terpenuhi misal, moms membagi waktu belajar anak menjadi 2 sesi per hari, dengan pembagian maksimal 2 jam per sesi. Namun moms juga bisa memodifikasi jumlah sesi dan waktu belajar anak sesuai dengan kebutuhan, agar waktu belajar anak jadi teratur.

Pengaturan waktu belajar akan memaksimalkan hasil belajar sang buah hati karena dapat membagi waktu kapan harus belajar, dan kapan harus istirahat bermain dan kapan harus melakukan aktivitas lainnya dengan porsi yang telah disesuaikan.

Dikutip dari : https://primaindisoft.com : Bahwa otak bisa fokus biasanya saat pagi hari karena masih dalam keadaan segar, yaitu jam 9 –11 pagi. Kemudian otak akan lebih mudah berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas berat dan belajar pada Jam 11 – 2 siang.

Baca Juga : 5 Inspirasi Menu Sarapan Sehat untuk Anak

4. Ajarkan Kedisiplinan Kepada Anak

Disiplin masih dikaitkan dengan mengatur waktu dengan baik. Karena, dengan disiplin anak bisa belajar sesuai waktu yang telah ditentukan, tidak malas-malasan dan bisa tepat waktu. Ajarkan cara disiplin waktu terhadap anak saat belajar online dan jelaskan kapan waktunya belajar dan kapan waktunya istirahat dan bermain.

Moms bisa memberlakukan cara punish and reward untuk mengajarkan anak disiplin, yang tentunya disesuaikan dengan kondisi ya moms, dan juga penting untuk diperhatikan bahwa punish and reward ini terasa menyenangkan bagi anak untuk mendapatkannya. Misal, memberlakukan poin yang mana poin ini dapat ditukar dengan uang jajan yang akan diberikan kepada anak. Apabila anak mampu menyelesaikan tugas - tugas yang diberikan tepat waktu, maka anak dapat menghasilkan poin penuh seperti sebuah game. Ketika Moms mengajarkan kedisiplinan, maka anak akan memiliki kebiasaan baik yang akan dibawanya hingga besar nanti.

5. Ajak Anak untuk Belajar Bersama

Untuk menambah keasyikan belajar anak, ajak sang buah hati tercinta untuk belajar bersama. Bagi sebagian dari moms, melakukan pendampingan seperti ini memang tidaklah mudah, karena moms harus pintar dalam membagi waktu dan energi. Menemani sang buah hati belajar adalah hal yang penting untuk diperhatikan karena dengan cara ini, moms bisa memastikan hasil belajar sang buah hati lebih maksimal, dan bukan hanya menuntut sang anak agar bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Selain itu, jalinan hubungan moms dengan sang buah hati akan jadi lebih baik karena komunikasi terjalin dengan inten selama proses belajar dan dengan belajar bersama sang buah hati, moms bisa membiasakan anak untuk terbuka menceritakan kendala atau kesulitan yang dihadapinya kepada moms setiap harinya.

Moms juga bisa merangsang daya kritis sang buah hati saat belajar bersama dengan cara mengajak anak berpikir bersama, dan memicu sang buah hati untuk memunculkan berbagai pertanyaan serta berani untuk menanyakannya. Jadi dengan mengajak sang buah hati untuk belajar bersama, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan untuk pertumbuhan sang buah hati.

Berikan Asupan yang Baik untuk Mendukung Kinerja Otak

Setelah beberapa hal sebelumnya dilakukan, agar hasil belajar lebih maksimal, berikan asupan bergizi tinggi yang dapat mendukung kinerja otak sang buah hati berupa;

- Sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, buncis

- Ikan

- Kacang - kacangan (kedelai dan produk-produk dari kedelai)

Memberikan asupan yang baik untuk sang buah hati dapat menyeimbangkan usaha moms untuk memaksimalkan hasil belajar dari sang buah hati, karena anak dapat dukungan dari luar dan dalam untuk menerima edukasi yang penting untuk masa depannya.

Moms dapat menggunakan Mamaco untuk menghadirkan berbagai sajian masakan favorit yang lezat, hemat dan sehat bagi sang buah hati karena Mamaco dapat membantu pertumbuhan otak agar mampu bekerja optimal. Minyak goreng kelapa Mamaco mengandung linoleat yang berfungsi sebagai anti flu, anti bakteri, penyembuh bronkitis. Palmitat, fungsinya : sebagai anti oksidan, dan bisa untuk menghaluskan kulit.

Asam lemak yang dapat mendorong tubuh untuk membakar lemak, dan memberikan energi ke tubuh dan otak, Sehingga sangat baik digunakan untuk memasak dan menggoreng berbagai makanan setiap hari. Selain terdapat kebaikan kandungan asam lemak yang baik, Mamaco juga memiliki tekstur yang lebih encer dan warna yang lebih jernih dibandingkan dengan minyak goreng pada umumnya.

Demikian 5 Tips Memaksimalkan Belajar Online Anak. Semoga dapat membantu Moms dan para orang tua selama mendampingi anak belajar di rumah. Selamat mencoba tips di atas dan tetap semangat mendampingi anak belajar dari rumah ya Moms.

Baca Juga :

Manfaat Nasi untuk Mendukung Kesehatan dan tumbuh Kembang Buah Hati

Fakta Bawa Bekal Sendiri untuk Sekolah Tatap Muka.

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.