5 Inspirasi Menu Sarapan Sehat untuk Anak

[ARTIKEL] 05 Jun 2021

Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Menyiapkan menu sarapan anak sebaiknya berganti-ganti setiap pagi agar anak tidak bosan dengan menu yang disediakan. Pada saat menyiapkan sarapan bukan hanya sekedar kenyang, namun perlu memperhatikan menu yang baik dan sehat untuk anak. Jadi sebaiknya menu apa saja yang rekomended Moms siapkan untuk sarapan anak?

Berikut ini kami bagikan 5 inspirasi menu sarapan sehat untuk anak.

1. Nugget Ikan

Nugget Ikan

Nugget ikan merupakan salah satu olahan fish jelly yang memiliki rasa yang cukup enak. Dengan bentuk yang beraneka ragam nugget ikan dapat membangkitkan selera makan konsumen terutama dari kalangan anak-anak. Kandungan gizi dari nugget ikan yang cukup tinggi ini disertai dengan penampilan bentuk yang divariasi diharapkan dapat meningkatkan asupan gizi dari anak-anak yang sedang tumbuh sehingga dapat memacu pertumbuhan anak menjadi lebih baik.

2. Nasi Goreng Telur Mata Sapi

Nasi Goreng telur mata sapi

Hidangan nasi goreng semakin meningkatkan selera makan anak jika disajikan dengan telur ceplok (telur mata sapi) atau dadar, bakso, ayam goreng suwir, lalapan mentimun dan tomat juga kerupuk udang. Per Porsi nasi goreng ini mengandung kalori sekitar 421,62 kkal, 19,32 gram protein, 9,40 gram lemak dan 61,5 gram karbohidrat. Jumlah kalori ini sangat cukup untuk meningkatkan energi saat memulai aktivitas bagi anak dari pagi hingga siang. Agar asupan serat bertambah, sertakan juga buah-buahan sebagai hidangan pendampingnya.

3. Sereal

sereal untuk sarapan anak

Sereal gandum merupakan jenis makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Selain mudah dalam penyajiannya untuk sarapan anak, sereal gandum juga memiliki beragam manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

- Sumber karbohidrat dan juga kelompok vitamin B yang sangat baik, termasuk folat.

- Sumber protein yang signifikan.

- Sumber yang baik dari berbagai mineral, seperti besi, magnesium, tembaga, fosfor, dan seng.

- Sumber antioksidan dan bahan alami yang dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah.

Jika Moms bingung dengan berbagai merek sereal yang ada. Disarankan memilih sereal yang memiliki kandungan gandum utuh (whole grain) untuk sarapan anak Anda. Pastikan sereal gandum tersebut, benar-benar dibuat dari gandum asli.

4. Kroket Mozzarella

Kroket Mozarella

Nutrisi lengkap bisa didapatkan dari sajian ini. Pada setiap 1 potong Kroket, ada sumber Energi 367 kj (88 kkal) rincian kalori Karbohidrat (53%), Lemak (34%), Protein (13%). Selain kandungan tersebut, kroket juga mengandung serat sayuran. Kroket mozarella pasti disuka anak-anak. Selain bisa jadi menu sarapan, kroket ini juga bisa jadi ide bekal untuk anak yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak di pagi hari.

Baca Juga :

7 Faktor dan Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Keunggulan Minyak Goreng Kelapa untuk Memasak

5. Oatmeal

Oatmeal untuk sarapan anak

Oatmeal mengandung banyak protein dan bahan sehat lainnya yang akan meningkatkan sistem imun anak, kandungan itu juga akan memperbaiki kondisi dan kenampakan rambut dan kulit. Kandungan ini juga tentunya merupakan sumber energi yang baik. Oatmeal juga sangat baik untuk mendukung MPASI ya Moms. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Framingham State College, bayi yang sudah berusia lebih dari 6 bulan boleh mengkonsumsi oatmeal. Maka ketika anak Moms sudah ‘lulus’ ASI eksklusif dan sudah menunjukkan tanda-tanda siap Makan, Moms bisa memberikan oatmeal untuknya. Tak perlu ragu, karena oatmeal atau makanan berbahan gandum lainnya adalah makanan kaya nutrisi ya Moms. Oatmeal juga bisa disajikan dengan kacang almond, buah -buahan dan susu yang bisa disesuaikan dengan selera anak.

Demikian Inspirasi menu sarapan sehat yang bisa Moms pilih sesuai selera makan anak, dengan memperhatikan sarapan anak, tentu Moms tidak perlu khawatir lagi dengan asupan gizi untuk anak. Pilihan 5 menu sarapan sehat untuk anak di atas juga bisa Moms kreasikan dengan berbagai toping agar menggugah selera sarapan anak.

Baca Juga :

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.