Manfaat Nasi untuk Mendukung Kesehatan dan Tumbuh Kembang Buah Hati

[ARTIKEL] 22 Jun 2021

Nasi Sebagai Makanan Pokok yang Kaya Nutrisi

Mengkonsumsi nasi sebagai sumber makanan pokok sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak dahulu. Selain mudah didapat nasi juga memiliki sumber karbohidrat dan kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kenyataannya, nasi masih dianggap oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia sebagai penyebab utama dari berbagai penyakit yang menakutkan seperti diabetes, obesitas dan lain sebagainya. Padahal, nasi mampu membuat tubuh menjadi lebih berenergi jika dikonsumsi dengan benar dan porsi yang sesuai

Berikut kandungan nutrisi pada nasi yang mampu membuat tubuhmu menjadi lebih fit dan bertenaga :

  • Sumber Vitamin B1, B2, B3, B6
  • Protein, Zat Besi hingga fosfor
  • Dan masih banyak lagi

Berbagai kandungan vitamin seperti B komplek yang ada pada nasi memiliki berbagai peran yang baik menjaga kondisi tubuh tetap baik, seperti;

  • Menjaga asupan energi dan menjaga fungsi saraf
  • Menjalankan fungsi sel
  • Memaksimalkan fungsi otak
  • Menjaga sistem pencernaan
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mengendalikan angka kolesterol.

Nasi putih juga kaya akan mineral seperti protein, zat besi, fosfor, selenium, dan magnesium, yang juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh, seperti;

  • Membentuk sistem kekebalan tubuh
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menjaga dan memperkuat struktur tulang dan gigi

Menariknya lagi, nasi ternyata juga mampu untuk menjaga mood tetap baik, karena nasi mengandung karbohidrat yang dapat membangun serotonin yang mampu memberikan stimulus pada otak sehingga mood mu akan selalu terjaga dengan baik.

Baca Juga : Minyak Goreng Sehat dan Aman dari Resiko Kanker

Tips Memaksimalkan Kebaikan Nasi

Agar dapat memaksimalkan manfaat dari nasi, kita bisa menggunakan berbagai cara untuk mempertahankan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh kita dengan cara;

  • Mengkonsumsi nasi yang baru dimasak
  • Makan nasi dengan porsi ideal
  • Tidak memanaskan nasi lebih dari 1 kali

Dengan mempertahankan nutrisi yang ada pada nasi, maka tidak perlu lagi khawatir akan efek negatif dari nasi, tentunya akan jadi lebih baik apabila kamu mengimbanginya lagi dengan gaya hidup sehat seperti tetap berolahraga secara rutin, menjaga asupan makan dengan cermat memilih apa yang perlu dikonsumsi untuk kebutuhan sehari - hari seperti salah satunya adalah dengan cara memilih minyak goreng dapat menyeimbangkan gaya hidup kamu agar kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa berbagai hidangan istimewa dibuat menggunakan minyak goreng, dan Indonesia adalah pengguna minyak goreng terbesar di dunia. Maka dari itu memakan makanan yang lezat adalah suatu kenikmatan yang luar biasa, namun akan jadi boomerang apabila aspek kesehatan tidak kita perhatikan.

Salah satu faktor terpenting ketika mengolah makanan adalah minyak goreng yang digunakan, karena pemakaian minyak goreng ternyata sangat berpengaruh terhadap hasil masakan yang diolah menggunakan minyak goreng, maka dari itu perlu diperhatikan pemilihan minyak goreng yang sehat. Memilih minyak goreng kelapa Mamaco untuk kebutuhan memasak sehari-hari dapat membantu memaksimalkan nutrisi yang terkandung pada makanan, serta dapat mengurangi terkena resiko berbagai penyakit seperti resiko jantung koroner dan kanker.

Berikut ini kami bagikan beberapa pilihan menu favorit olahan nasi yang tetap terjaga nutrisinya sehingga dapat memaksimalkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Olahan Nasi untuk Atasi Rasa Bosan Anak Makan Nasi

Bola Nasi

Bola Nasi Bola nasi bisa dibuat dengan mudah, bahan utamanya adalah nasi yang dicampur dengan sedikit sayur yang dipotong kecil-kecil dan tambahan bawang putih dan sedikit garam, kemudian masukan kedalam kocokan telur dan selimuti dengan tepung panir lalu digoreng. Membuat bola nasi merupakan solusi yang tepat jika anak suka ngemil, dengan membuatkan makanan yang unik ini Moms tidak perlu khawatir lagi jika anak sulit makan nasi.

Omelet Nasi

Omelet nasi 2 Membuat omelet nasi cukup mudah, siapkan nasi satu centong, siapkan adonan telur dan tambahkan garam dan lada secukupnya setelah itu campur semua bahan dan goreng dengan sedikit minyak. Ketika Moms membuat omelet nasi agar rasanya lebih nikmat dan memenuhi kebutuhan anak Moms juga bisa menambahkan potongan sayur didalamnya.

Nasi Kuning

Nasi Kuning Membuat nasi kuning tidak sesulit seperti yang dibayangkan, Dengan bahan dasar beras dan santan yang telah ditambahkan kunyit serta daun salam dan perasan jeruk nipis bisa Moms buat dengan mudah. Warna dan tampilan yang lucu dari nasi kuning bisa menjadi solusi makan si kecil yang sulit untuk makan nasi. Moms bisa mengkreasikan nasi kuning sebagai makanan anak yang lebih menggugah selera dengan cara mencetaknya dengan karakter tertentu emnjadi nasi bento. Resep ini juga bisa Moms sajikan bersama keluarga agar menu harian lebih bervariasi dan lebih nikmat.

Nasi Lemak

Nasi Lemak

Nasi lemak bisa Moms buat menggunakan beras dan campuran santan secukupnya, nasi yang setengah matang dicampur dengan santan yang sudah dipanaskan, tambahkan juga daun salam agar lebih harum dan sedap. Kemudian kukus kembali hingga matang. Selain rasanya yang gurih dan terdapat berbagai tambahan toping menjadi ciri khas makanan ini. Nasi lemak juga sangat disukai oleh anak - anak, karena rasanya yang gurih dan enak bisa menjadi solusi makanan untuk anak dengan sajian nasi biasa.

Dengan menghadirkan beberapa olahan nasi diatas, tentu kebutuhan nutrisi anak juga akan terpenuhi. Tambahan buah dan lauk pauk juga sudah lengkap di dalam beberapa varian menu tersebut sehingga Moms tidak perlu khawatir dengan pemenuhan nutrisi anak. Dengan menggunakan teknik memasak yang benar maka menu yang disajikan juga akan lebih sehat untuk dikonsumsi keluarga.

Download Resep Pilihan dari Mamaco : Klik disini

Demikian kandungan gizi pada nasi serta penggantinya yang telah kami bagikan untuk Moms. Semoga dengan artikel ini, Moms dapat menghadirkan berbagai olahan nasi untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi anak dan menambah kehangatan dalam rumah tangga.

Baca Juga :

-7 Faktor dan Manfaat Minyak Goreng Kelapa Bagi Kesehatan

-Pentingnya Dukungan Nutrisi untuk Kanker Anak

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.