Kebutuhan Protein Saat Menjalani Diet

[ARTIKEL] 25 Oct 2021

Pengertian dan Kebutuhan Protein

Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel agar bekerja dengan baik. Berapa banyak protein yang Anda butuhkan untuk menjalani diet sangat bervariasi tergantung pada berat badan, jenis kelamin, usia dan kesehatan Anda.

Orang dewasa yang tidak begitu aktif disarankan untuk memakan sekitar 0,75 gr protein per hari untuk setiap 1 kg berat badannya. Jadi, rata-rata laki-laki perlu memakan 55gr protein dan perempuan 45gr protein setiap hari. Bisa disesuaikan dengan berat badan masing-masing orang.

Menurut Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk protein adalah 0,8 gram protein sederhana per kilogram berat badan. RDA adalah jumlah nutrisi yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasar Anda. Dalam arti tertentu, itu adalah jumlah minimum yang perlu Anda jaga agar tidak sakit ,bukan jumlah spesifik yang seharusnya Anda makan setiap hari.

Makanan untuk Memenuhi Protein

Jika penurunan berat badan adalah tujuan utama Anda, mencoba diet protein tinggi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan, tetapi bukan merupakan satu-satnya cara untuk menurunkan berat badan. Berikut ini akan kami bagikan beberapa sumber protein yang baik untuk mendukung program penurunan berat badan.

Sumber protein yang baik :

  • 3 ons tuna, salmon, haddock, ->21 Protein (gram)
  • 3 ons kalkun atau ayam yang dimasak -> 19 Protein (gram)
  • 6 ons yogurt tawar -> 17 Protein (gram)
  • 1/2 cangkir keju cottage -> 14 Protein (gram)
  • 1/2 cangkir kacang yang dimasak -> 8 Protein (gram)
  • 1 cangkir susu -> 8 Protein (gram)
  • 1 cangkir pasta yang dimasak -> 8 Protein (gram)
  • 1/4 cangkir atau 1 ons kacang (semua jenis) ->7 Protein (gram)
  • 1 telur -> 6 Protein (gram)

sumber : BLOG KESEHATAN HARVARD

Demikian artikel mengenai pengertian protein serta kebutuhan yang perlu dipenuhi untuk tubuh serta contoh makanan yang baik dan kandungan proteinnya. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan dan dapat dijadikan refrensi ketika menjalani program penurunan berat badan.

Tidak lupa juga untuk selalu menggunakan minyak goreng kalapa Mamaco untuk mengolah berbagai jenis makanan agar lebih sehat dan aman dari resiko tumpukan lemak. Minyak goreng kelapa Mamaco memiliki tekstur yang lebih encer sehingga mudah diterima tubuh menjadi energi dan tidak menimbulkan tumpukan lemak diperut.

Baca Juga :

Beli Sekarang

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.