Kenapa Tepung Harus Diayak Sebelum Membuat Adonan?

[ARTIKEL] 18 Feb 2022

Pengertian Tepung

Tepung terigu adalah tepung yang dibuat dari hasil dari biji gandum yang dihaluskan melalui proses penggilingan, sehingga menghasilkan tepung yang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat roti dan berbagai jenis makanan lainya.

Penggunaan tepung sebagai bahan dasar pembuatan makanan sangat penting adanya, namun penggunaan tepung sebelum menjadi adonan perlu diperhatikan agar hasil adonan menjadi lebih maksimal dan mendapatkan kue atau makanan yang lebih sempurna. Terutama diayak terlebih dahulu sebelum dijadikan adonan, mengapa demikian simak penjelasan lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Mengapa tepung harus diayak terlebih dahulu sebelum dibuat adonan?

Tepung terigu harus diayak karena tepung terigu akan menyerap kelembaban udara sekitar saat didiamkan, sehingga jika tidak diayak tepung terigu akan bergumpal di dalam adonan. Sedangkan jika diayak, tepung terigu akan lebih terurai dan tercampur sempurna pada adonan. Selain lebih terurai, tepung juga akan lebih kering dan mudah diaduk sehingga akan mempercepat dalam proses membuat adonan.

Berikut ini manfaat mengayak terigu sebelum membuat adonan kue :

  • Membersihkan terigu dari kotoran dan kutu.
  • Melepaskan butiran-butiran terigu yang menggumpal untuk memudahkan pengadukan terigu dengan adonan telur.
  • Menambahkan udara pada terigu sehingga terigunya menjadi lebih ringan.
  • Lebih mudah diaduk.
  • Mempercepat proses membuat adonan.
  • Adonan menjadi lebih rata.

Nah itu dia berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika mengayak terigu sebelum membuat adonan kue, tentu hal tersebut bisa diterapkan untuk berbagai jenis adonan lain yang menggunakan terigu. Selain akan mempermudah dan mempercepat adonan, mengayak terigu juga akan menghasilkan kualitas makanan lebih baik.

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco untuk mengolah berbagai jenis makanan. Menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco makanan jadi lebih sehat karena minyak goreng kelapa Mamaco terbuat dari kelapa kopra pilihan sehingga sangat baik untuk tubuh karena tidak menimbulkan tumpukan lemak.

Baca Juga : 5 Cara Mixer Adonan Kue yang Benar Agar Lebih Merata

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.