4 Tips Meminimalisir Kesalahan Dalam Baking

[ARTIKEL] 24 Feb 2022

Tips Memulai Menjadi Bakers

Tips membuat kue untuk Moms yang baru akan memulai debut sebagai bakers nih. Sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda sih Moms dengan tips memasak pada umumnya.

Namun dalam membuat baking perlu memperhatikan beberapa hal agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai pemula yang akan membuat baking dengan jenis apapun tentunya harus mengetahui apa saja sebenarnya yang perlu diperhatikan mulai dari resep, peralatan hingga takaran per sajian.

Nah untuk mengetahui beberapa hal tersebut secara lebih mendalam kami telah merangkum 4 tips agar Moms dapat meminimalisir kesalahan dalam baking, apa saja tipsnya?

Yuk simak tips meminimalisir baking berikut ini :

1. Membaca resep secara lengkap.

Langkah pertama ini tentu sangat penting Moms. Karena dengan memahami resep secara keseluruhan, Moms dapat memahami bahan apa saja yang dibutuhkan lengkap dengan alat apa saja yang harus disiapkan. Memahami isi resep juga dapat meminimalisir adanya kelupaan di tengah proses pembuatan kue, jadi proses membuat kue nya nanti bisa lancar tanpa hambatan.

Apabila pada saat proses pembuatan Moms lupa, Moms juga bisa melihat kembali resep tersebut atau jika ada video tutorial juga bisa sambil dilihat kembali tahapannya.

2. Menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

Nah, setelah membaca resep, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan Moms. Ada tips juga nih untuk step kedua ini, yaitu bahan bahan nya harus berada di suhu ruang ya Moms. Jika bahannya awalnya ada dalam lemari es, Moms bisa mengeluarkannya terlebih dahulu agar suhu dingin nya hilang.

Pastikan kembali semua peralatan yang ada dalam keadaan bersih dan siap pakai agar pada saat proses pembuatan baking bisa lebih cepat. Singkirkan juga peralatan lain yang tidak terpakai agar lokasi lebih lega dan fokus.

3. Memanaskan oven atau kukusan terlebih dahulu.

Ada kue yang dibuat dengan dipanggang, ada kue yang dibuat dengan di kukus. Apapun itu teknik mematangkannya, alat masaknya perlu dipanaskan terlebih dahulu ya Moms, hal ini tentu bermanfaat selain menyingkat waktu juga untuk menghasilkan kue dengan hasil yang optimal.

Jadi ketika pembuatan adonan sudah selesai, Moms tidak perlu menunggu proses pemanasan alat dahulu, sehingga proses bisa lebih cepat. Perhatikan juga suhu yang akan dipakai ya Moms, lihat kembali di buku resep jika Moms lupa.

4. Menggunakan beberapa jenis alat takar.

Sepele tapi berpengaruh banget nih Moms alat ukur ini. Dengan takaran yang pas, maka bisa didapatkan pula kue dengan hasil yang optimal Moms. Terlebih lagi, takaran untuk bahan cair dan bahan padat juga berbeda nih acuan nya, jadi menyiapkan beberapa jenis alat takar seperti gelas ukur, sendok ukur, dan timbangan kue tidak boleh dilupakan ya.

Banyak sekali pengaruh yang akan ditimbulkan jika pengukuran bahan dasar tidak sesuai resep, mulai dari akan mempengaruhi rasa, tekstur hingga kegagalan dalam baking. Maka dari itu sebaiknya perhatikan kembali takaran yang digunakan agar sesuai dengan resep. perhatikan juga satuan bahan seperti g (gram), mg (miligram) Celcius = oC, kg (kilogram), ml (mililiter), L (liter) hingga ukuran sendok makan dan sendok teh.

Nah, itu dia Moms beberapa tips baking yang Mamaco share kali ini. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam proses baking agar lebih maksimal. Selamat berkreasi dan menjadi bakers andalan kesayangan keluarga. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco ya Moms. Menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco untuk kebutuhan memasak dan baking dapat menambah kualitas pada hasil makanan dan tentunya lebih sehat dan hemat.

Baca juga :

Kenapa Tepung Harus Diayak Sebelum Membuat Adonan?

5 Cara Mixer Adonan Kue yang Benar Agar Lebih Merata

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.