3 Manfaat Makanan Manis untuk Tubuh

[ARTIKEL] 15 Feb 2022

Manfaat Makanan Manis

Makan sesuatu yang manis memang menyenangkan selain rasa manis itu sendiri ternyata mengkonsumsi makanan manis juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh lho. Nah berikut ini telah kami rangkum beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan manis.

(1) Sumber Energi.

Glukosa yang terkandung di dalam makanan manis akan diubah menjadi energi oleh tubuh ketika tubuh kekurangan energi dikarenakan tidak adanya makanan yang masuk.

Setelah glukosa diubah menjadi energi untuk segera digunakan, tubuh akan menyimpan sebagian glukosa sebagai cadangan energi untuk digunakan nantinya. Proses ini disebut glikogenesis. Molekul glukosa terhubung bersama dalam rantai glikogen. Rantai glikogen dipecah menjadi unit glukosa tunggal setiap kali tidak ada sumber energi utama.

Kehebatan dari proses glikogenesis ini memungkinkan kita untuk tidak makan dalam waktu lama. Namun, perlu perhatikan juga asupan karena ketika glukosa melebihi kapasitas penyimpanan, glukosa akan diubah menjadi lemak. Jadi perlu diperhatikan juga porsinya ya Moms agar tidak menjadikan lemak di tubuh.

(2) Memperbaiki Suasana Hati.

Siapa yang akan pergi mencari coklat ketika bad mood? Fakta tersebut sudah sedikit menjadi bukti konkret bahwa makanan manis dapat diandalkan untuk memperbaiki mood seseorang. Makanan manis dapat melepaskan hormon bernama serotonin yang dapat mengaktifkan pusat kesenangan di otak.

Menurut laporan CNN, dua gen reseptor manis telah ditemukan yang dapat memprediksi seberapa kuat keinginan makan manis nantinya. Terlepas dari gennya, gula mengaktifkan pusat kesenangan di otak dan menyebabkan aliran dopamin. Ini akan segera menghasilkan perasaan gembira.

(3) Meningkatkan Kemampuan Berpikir.

Selain berfungsi sebagai cadangan energi, glukosa pada makanan manis juga merupakan bahan bakar otak loh Moms. Jadi tidak heran jika mengkonsumsi makanan yang manis dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan proses berpikir.

Para peneliti belum menemukan penyebab pasti dari peningkatan keterampilan berpikir, tetapi mereka berteori bahwa flavanol kakao melindungi dari kerusakan sel otak dan membantu menciptakan koneksi di dalam otak. Coklat hitam yang diproses secara minimal mengandung kakao tingkat tinggi yang dapat memberikan dorongan kognitif terbesar.

Mengingat kebaikan makanan manis, jadi tidak ada salahnya untuk Moms juga mengkonsumsi makanan manis tersebut. Tapi tetap saja ya Moms, sesuatu yang berlebihan itu tentu kurang baik. Jadi, konsumsi makanan manis nya dalam porsi yang sewajarnya saja ya.

Berikut ini kami sajikan resep yang manis namun lebih sehat yang bisa Moms buat sendiri di rumah untuk keluarga.

Resepnya adalah : Brownies Kukus Matcha - Sajian Sehat Mamaco

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.