Tips Memilih Minyak Goreng Deep Frying Kuat Suhu Tinggi

[ARTIKEL] 25 Apr 2022

Pengertian Teknik Menggoreng Deep Frying

Deep frying merupakan teknik memasak dengan menggunakan minyak goreng dengan jumlah yang banyak, sehingga makanan terendam dalam minyak panas. Meski bisa juga dilakukan di wajan biasa, deep frying biasanya dilakukan dengan alat bernama deep fryer yang memiliki keranjang peniris dan pengatur suhu secara otomatis.

Namun kebanyakan orang belum mengetahui bagaimana teknik Deep Frying yang benar, terutama pada pemilihan jenis minyak goreng. Alasanya adalah karena tidak semua minyak goreng baik jika dipanaskan dengan suhu tinggi seperti pada pengolahan deep frying, apalagi yang mengandung lemak jenuh.

Tidak sembarang minyak dapat dipakai dan bagus untuk deep frying. Penggunaan minyak dapat mempengaruhi hasil gorengan. Kalau tidak tepat, dapat membuat gorengan menjadi tidak enak atau gosong. jadi hal terpenting selain penggunaan alat Deep fryer, pemilihan minyak juga menjadi faktor utama agar hasil gorengan maksimal.

Suhu Minyak untuk Deep Frying

Untuk memaksimalkan proses Deep Frying setidaknya minyak harus berada pada suhu sekitar 176-190 derajat Celcius. Oleh karena itu, untuk mendukung suhu yang tinggi dalam proses Deep Frying sangat disarankan untuk menggunakan minyak goreng yang memiliki kekuatan tahan dengan suhu tinggi.

Mengapa makanan yang diolah menggunakan teknik Deep Frying lebih baik? karena pada proses menggoreng seluruh makanan masuk kedalam minyak dengan suhu yang panasnya lebih stabil dibandingkan dengan tidak menggunakan Deep Fryer. Hasil makanan yang digoreng dengan teknik deep frying akan memiliki karakteristik warna keemasan, renyah, dan lezat.

Minyak Goreng untuk Deep Frying

Minyak kelapa atau coconut oil merupakan pilihan yang tepat untuk melakukan deep frying. Alasanya adalah, karena minyak kelapa mengandung minyak jenuh yang tidak akan mengubah kualitas makanan ketika digoreng dengan proses deep frying. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung vitamin dan zat menyehatkan lain sehingga mampu membawa manfaat yang menyehatkan pula.

Keunggulan minyak goreng kelapa lainya adalah, tekstur minyak goreng lebih encer, warna lebih jernih dan lebih cepat panas serta tahan dalam suhu yang sangat tinggi. Selain itu, minyak goreng kelapa tidak mudah susut saat digunakan untuk menggoreng dan tidak cepat berubah warna atau cepat menghitam. Keunggulan lainnya adalah minyak goreng kelapa memiliki titik asap yang sangat tinggi dibandingkan dengan minyak goreng sawit sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk teknik menggoreng Deep Frying.

Visit too : Mamamco Product

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.