Manfaat Penting Makan Sahur untuk Kesehatan Tubuh

[ARTIKEL] 16 Apr 2022

Manfaat Makan Sahur

Bangun sebelum subuh untuk sahur, untuk sebagian orang adalah hal yang membuat malas sehingga kadang ditinggalkan. Tapi ternyata, sahur itu memiliki manfaat yang baik untuk tubuh loh Moms.

Salah satu manfaatnya adalah agar tubuh tetap fit selama 1 hari penuh menjalani ibadah puasa. Selain itu, sahur ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, agar tubuh makin sehat selama puasa, sahur nya jangan dilupakan ya Moms.

Berikut ini adalah manfaat kebaikan makan sahur saat akan menjalani puasa :

1. Efektif membantu mengurangi berat badan

Meninggalkan makan sahur dianggap dapat mempercepat penurunan berat badan, faktanya jika anda meninggalkan makan sahur justru itu sangat tidak disarankan karena makan sahur dengan menu yang sehat dapat membantu mempertahankan energi ketika menjalani puasa selama sehari penuh.

Jika anda tidak makan sahur maka biasanya anda akan makan lebih banyak saat berbuka puasa sehingga hal ini akan menjadi pengaruh pada berat badan anda, Jadi jangan lewatkan makan sahur ya agar asupan energi tetap terjaga dan porsi makan saat berbuka juga tetap wajar.

2. Menjaga kadar glukosa selama berpuasa

Selain menambah energi saat berpuasa, faktanya makan sahur juga dapat membantu menjaga kadar glukosa dalam tubuh selama berpuasa. Untuk membantu menjaga kestabilan gula darah, sangat disarankan anda makan sahur ketika waktu sedikit mepet dari waktu imsak, sehingga jarak sahur dan berbuka tidak terlalu jauh.

3. Mengurangi rasa lapar dan haus di siang hari

Makan sahur tentu saja akan mengurangi rasa lapar dan haus saat menjalani puasa. Namun bukan hanya sekedar lapar dan haus bagi sebagian besar orang ya, Mengurangi lapar dan haus ini sangat penting bagi orang yang menderita berbagai masalah penyakit lambung seperti maag, asam lambung dan lain-lain. Sehingga makan sahur merupakan solusi yang perlu dikerjakan untuk membantu mengurangi rasa lapar dan haus.

4. Mencegah sakit kepala akibat hipoglikemia dan dehidrasi

Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah normal. Selain sering dialami oleh penderita diabetes, Hipoglikemia terjadi bila kadar gula darah di bawah 70 mg/dL. Bila kadar gula dalam darah rendah, maka tubuh akan kekurangan energi untuk beraktivitas.

Salah satu gejala mengalami hipoglikemia adalah mudah lapar, terlebih jika saat menjalani ibadah puasa, saat lapar tentu konsentrasi akan berkurang dan terasa pusing dan lelah hingga sedikit pucat. Nah gejala-gejala tersebut juga merupakan gejala dari hipoglikemia. Jadi sebaiknya jangan melewatkan makan sahur saat berpuasa ya.

Nah itu dia manfaat sahur yang dapat diperoleh untuk kesehatan tubuh. Tentu saja ada banyak manfaat yang dapat diperoleh selain 4 manfaat diatas. Selain lebih sehat makan sahur juga dapat membantu memaksimalkan ibadah berpuasa dan menjaga energi dalam tubuh tetap stabil.

Untuk membantu mendukung makan sehat saat sahur dan berbuka, jangan lupa untuk selalu menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco untuk semua jenis masakan di rumah ya Moms. Minyak goreng kelapa Mamaco terbuat dari kelapa kopra pilihan sehingga menghasilkan minyak goreng yang lebih jernih dan sehat. Minyak goreng kelapa Mamaco tidak menyebabkan tumpukan lemak di perut karena langsung diserap menjadi energi dalam tubuh.

Baca Juga : 8 Tips Mengatasi Lemas Saat Berpuasa

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.