Potensi Bisnis Kuliner Dikala Pandemi

[ARTIKEL] 26 Jul 2021

Potensi Bisnis Kuliner Dikala Pandemi

Potensi Bisnis Kuliner Dikala Pandemi Masa Pandemi seperti saat ini, banyak sekali masalah yang terjadi di Indonesia. Selain masalah kesehatan karena covid-19 ada juga masalah lain yang tidak kalah penting yaitu masalah dibidang ekonomi. Masalah ekonomi pada saat pandemi seperti sekarang ini menyebabkan banyak sekali para karyawan yang mengalami pemberhentian kerja atau di PHK, oleh sebab itu mereka harus berpikir dan berjuang keras untuk bisa memenuhi kebutuhan agar bisa tercukupi.

Agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan disaat pandemi seperti saat ini, salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan cara berbisnis. Dari berbagai macam bisnis ada salah satu peluang yang bisa diambil yaitu peluang berbisnis kuliner. Bisnis kuliner di kala pandemi seperti saat ini merupakan salah satu bisnis yang familiar dan banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Bisnis kuliner saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling memungkinkan jika kita akan memulai bisnis kuliner kita bisa memulainya dengan skala rumahan terlebih dahulu. Dengan memanfaatkan dapur yang ada dirumah kita sudah memiliki kesempatan untuk bisa memulai bisnis kuliner dari rumah.

Memulai bisnis kuliner dari rumah bisa dimulai dengan cara online dengan cara mendaftar ke beberapa aplikasi online food yang sudah tersedia saat ini. Selain tidak membutuhkan terlalu banyak modal, bisnis kuliner secara online dari dapur rumahan juga tidak perlu menyewa tempat khusus untuk melayani pelanggan makan ditempat. Dengan dukungan aplikasi yang telah tersedia anda hanya perlu menerima pesanan makanan dan memberikanya kepada driver untuk mengirimkan kepada pelanggan.

Dimulai dari dapur rumahan dengan skala kecil dan modal yang tidak terlalu banyak, anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pemasukan dari bisnis kuliner secara online. selain itu resiko yang akan dihadapi juga lebih sedikit karena tidak memerlukan biaya sewa tempat yang mahal dan menyediakan perlengkapan makan untuk para pelanggan.

Tips Berbisnis Makanan Secara Online Dikala Pandemi

Berbisnis kuliner saat pandemi memang menjadi tantangan tersendiri mulai dari mencari menu yang paling favorit hingga merencanakan harga jual yang sesuai. Ketika anda saat ini akan memulai bisnis kuliner secara online ada beberapa tips yang bisa anda pahami dan gunakan agar bisnis anda bisa berjalan dan mendapatkan keuntungan. Apa saja tipsnya?

Berikut ini Tips Memulai Berbisnis Kuliner Secara Online :

Memilih Menu Favorit yang Akan Dijual Secara Online

Memilih menu favorit ketika berbisnis kuliner secara online menjadi hal yang sangat penting, karena dengan mengetahui menu apa saja yang paling banyak diminati para pelanggan anda bisa ikut bersaing dan mengambil bagian untuk bisa mendapatkan order dari menu favorite tersebut. Selain pasarnya yang sudah tersedia, anda juga akan lebih mudah untuk mempelajari lebih dalam tentang minat para pelanggan dari menu yang anda sediakan.

Beberapa pilihan menu favorite yang bisa anda jula saat ini adalah seperti :

  • Mie Kekinian
  • Menu Olahan Ayam
  • Makanan Ringan
  • Minuman Segar Berbahan Susu / Kopi

Selain beberapa opsi di atas, anda juga bisa mengecek langsung di di aplikasi online food seperti GrabFood, Go-Food dan Shopee Food. Anda cukup melihat menu-menu apa saja yang paling laris dan memiliki rating yang baik dan pahami bagaimana menyajikan menu tersebut dan apa saja yang mereka jual.

Buatlah Beberapa Variasi Menu Makanan dan Minuman

Menyediakan berbagai variasi menu kepada pelanggan menjadi salah satu trik untuk menarik pelanggan di resto online anda, selain bisa memberikan pilihan sesuai dengan selera mereka, memiliki banyak menu juga meminimalisir pelanggan berpindah ke resto lain. Menu yang variatif dan lengkap dengan minumannya menjadikan pelanggan lebih senang dan bisa berpotensi menghasilkan banyak order.

Selain untuk menghindari berpindah restoran lain, menyediakan banyak menu di aplikasi resto juga bisa berpotensi cepat menaikan rating resto anda. Karena semakin banyak order yang anda dapatkan resto anda akan berpotensi mendapatkan banyak rating. Selain itu untuk mendukung mendapatkan rating tinggi anda juga perlu memperhatikan kualitas makanan agar pelanggan memberikan penilaian yang baik untuk resto anda.

Tentukan Harga Jual dan Ikuti Strategy Promo

Harga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk bisa bersaing dengan para penjual lain, strategi menetapkan harga yang pas dan sesuai dengan kualitas makanan akan mendukung resto anda menjadi menonjol dibandingkan dengan resto lain. Hal itu tentu akan menjadi pilihan bagi para pelanggan untuk mengunjungi resto anda dan order makanan sesuai selera mereka.

Selain telah ditentukan harga jual untuk setiap menu, anda juga bisa mengikuti program-program yang disediakan oleh pihak aplikasi seperti program diskon dan promo setiap hari tertentu. Dengan mengikuti program tersebut, anda akan berpeluang mendapatkan order yang lebih banyak setiap harinya.

Gunakan Bahan Makanan yang Berkualitas

Memilih bahan makanan yang berkualitas tidak harus bahan-bahan makanan yang mahal, namun dengan memperhatikan kebersihan serta kesegaran bahan makanan yang anda pilih, bisa menjadikan hasil makanan anda lebih berkualitas dan bisa lebih sehat. Anda juga perlu memperhatikan supply bahan makanan dari pedagang agar ketika stok anda habis, anda bisa membelinya dengan mudah.

Demikian tips tentang berbisnis makanan secara online, dengan memperhatikan beberapa tips di atas semoga dapat memberikan inspirasi lebih kepada anda jika ingin menjalankan bisnis kuliner secara online. Selain tips diatas, memilih minyak goreng sebagai bahan masakan juga tidak kalah penting, karena jika dihitung-hitung minyak goreng juga menjadi pengeluaran yang sangat perlu untuk diperhatikan, terlebih lagi karena hampir semua menu makanan menggunakan minyak goreng untuk mengolahnya. Maka dari itu pilihlah minyak goreng kelapa Mamaco untuk mendukung menjalankan bisnis kuliner anda.

Menggunakan minyak goreng Mamaco tidak hanya sebagai bahan mengolah makanan saja, namun minyak goreng Mamaco dapat menambah cita rasa makanan lebih gurih dan renyah jika untuk makanan yang digoreng. Selain warnanya yang lebih jernih dan bisa digunakan berkali-kali, minyak goreng kelapa Mamaco juga lebih hemat dan tidak menyerap pada makanan. Maka dari itu, menggunakan minyak goreng kelapa untuk berbisnis kuliner sangat tepat dan akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Baca Juga :

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.