Menjaga Tubuh Tetap On Fire Selama Bulan Puasa

[ARTIKEL] 19 Apr 2021

Kebaikan Puasa Untuk Tubuh

Puasa adalah kegiatan menahan haus dan lapar, serta hawa nafsu pada periode tertentu dari mulai terbitnya Fajar hingga terbenamnya Matahari. Bagi umat Islam, puasa di bulan Ramadhan adalah sebuah ibadah wajib untuk dilakukan selama satu bulan penuh. Selain kewajiban ibadah, puasa juga dilakukan atas kebutuhan medis tertentu dan bahkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa kebaikan dan manfaat puasa untuk kesehatan antara lain seperti :

Menyehatkan jantung

meningkatkan kekebalan tubuh

peremajaan fungsi dan kinerja sel

memperbaiki fungsi otak

memperbaiki pola makan

Hal Yang Harus Dikontrol Selama Puasa

Pada saat menjalankan ibadah puasa, ada beberapa yang perlu dikontrol agar kondisi tubuh tetap sehat.

Usahakan selalu bangun sahur kemudian makan dan minum secukupnya

Usahakan aktif melakukan kegiatan-kegiatan

Hindari banyak tidur

Olahraga ringan di pagi hari juga sangat baik untuk dilakukan

Ketika berbuka puasa makanlah makanan manis

Baca juga : 10 Tips Puasa Sehat dan Bugar

Cara Mempertahankan Daya Tahan Tubuh Selama Puasa

Secara umum, ada cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang baik dipraktikkan, pertama konsumsi makanan bergizi saat sahur dan buka puasa pada saat makan sahur usahakan konsumsi makanan dengan jenis karbohidrat yang kompleks. Penuhi kebutuhan air minum untuk tubuh, jika anda kurang mengkonsumsi air anda bisa mengalami dehidrasi ketika berpuasa. Hindari atau kurangi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Selain memperhatikan beberapa cara di atas anda juga perlu memperhatikan kegiatan olahraga supaya tubuh tetap fit selama berpuasa.

Demikian artikel menjaga tubuh tetap on fire selama bulan puasa semoga dengan menjalankan beberapa tips-tips diatas tubuh kita akan semakin sehat selama berpuasa dan setelah menjalankan ibadah puasa. Mengkonsumsi makanan sehat dan ditambah dengan kegiatan berolahraga tentu akan membantu menjaga tubuh selalu fit jika dilakukan dengan rutin.

Baca Juga : 6 Cara Berbuka Puasa yang Baik

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.