5 Hal Unik Tradisi Lebaran di Indonesia

[ARTIKEL] 06 May 2021

Perayaan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

Lebaran menjadi momen spesial setelah menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim, Terutama di Indonesia, ada beberapa tradisi unik yang selalu ada setiap tahunya. Moment dan hal unik apa saja yang ada di saat lebaran?

Berikut ini 5 Hal tradisi lebaran yang unik dan ada Indonesia :

1. Mudik

Mudik menjadi tradisi masyarakat indonesia setiap hari raya idul fitri setiap tahunnya, umumnya keluarga yang berada di kota besar akan pulang ke kampung halaman untuk menemui keluarga dan kerabatnya dan bersilaturahmi dan saling maaf memaafkan di hari raya.

2. Ketupat

Ketupat menjadi menu khas disetiap hari raya idul fitri, menu ketupat seolah sudah melekat pada masyarakat di indonesia untuk merayakan hari raya idul fitri setiap tahunnya, tradisi makan ketupat merupakan ciri khas umat muslim indonesia untuk merayakan momen lebaran.

3. Kue Lebaran

Menghadirkan berbagai jenis kue lebaran di meja sudah menjadi rutinitas setiap hari raya idul fitri, sebab banyaknya orang atau tamu yang saling bersilaturahmi satu dengan lainya menjadikan pemilik rumah selalu menyediakan kue lebaran dengan berbagai jenis di meja, nah moment tersebut seolah sudah jadi tradisi lebaran yang wajib ada disetiap rumah.

4. THR

THR atau yang disebut dengan tunjangan hari raya juga merupakan tradisi dan ciri khas umat muslim di Indonesia untuk merayakan lebaran. Umumnya THR dibagikan sebelum hari raya tiba. Rata-rata penerima THR merupakan seorang karyawan yang bekerja disebuah Perusahaan. Istilah THR juga biasa digunakan untuk memberikan uang saku dari orang yang lebih tua atau lebih mapan kepada para anak-anak kecil dan saudara-saudara dekat.

5. Baju Baru

Sudah menjadi kebiasaan dan tradisi yang secara umum dilakukan para umat muslim yaitu memberi baju baru pada momen lebaran, umumnya mereka membeli busana muslim untuk digunakan pada perayaan hari raya. Membeli baju baru sudah menjadi tradisi umat muslim di Indonesia untuk merayakan lebaran.

Demikian 5 Hal Unik yang selalu ada di Indonesia pada saat hari raya idul fitri di Indonesia. Masih banyak tradisi-tradisi saat momen lebaran di Indonesia. Momen lebaran dan tradisi unik tentu akan berbeda-beda di setiap wilayahnya di indonesia, tergantung adat dan istiadat budaya setempat dan tradisi turun-temurun dari nenek moyang mereka.

Baca Juga :

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.