6 Cara Berbuka Puasa yang Baik

[ARTIKEL] 16 Apr 2021

6 Cara berbuka puasa yang baik

6 Cara Berbuka Puasa yang Baik

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang mulia bagi para umat Muslim di seluruh Dunia, karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti dan bulan yang penuh berkah. Pada bulan Ramadhan umat muslim diwajibkan untuk berpuasa mulai dari sebelum waktu subuh hingga waktu sholat magrib tiba untuk berbuka puasa.

Namun perlu diperhatikan ketika kita akan berbuka puasa agar cara kita berbuka puasa lebih baik dan sehat. Setelah seharian penuh berpuasa tentunya sistem pencernaan kita juga tidak bekerja sebagaimana biasanya, oleh sebab itu setelah kita berpuasa seharian kita perlu melakukan buka puasa dengan baik agar tubuh dan pencernaan kita tetap fit dan sehat.

Beberapa tips dan cara berbuka puasa yang baik adalah sebagai berikut :

1.Segeralah berbuka ketika waktu buka puasa telah tiba

Ketika waktu berbuka telah tiba sebaiknya sebagai orang yang berpuasa diwajibkan untuk segera berbuka puasa secepatnya.

2.Minum air putih untuk membatalkan puasa

Dengan minum air putih untuk membatalkan puasa makan cairan pertama yang masuk kedalam tubuh kita adalah air putih, sehingga cairan tersebut bisa langsung diterima oleh tubuh, hal ini juga dapat membantu mencegah dehidrasi dan memberikan pasokan cairan bagi tubuh yang telah berpuasa seharian.

3.Memakan makanan yang manis terlebih dahulu

Dengan makan makanan yang manis makan akan membantu merangsang kelenjar ludah pada rongga mulut setelah seharian berpuasa. Anda bisa memakan Kurma sebagai sumber gula alami dan mengandung gizi yang baik untuk tubuh, kurma juga dapat memenuhi kebutuhan energi saat berbuka.

4.Makan makanan yang mengandung protein

Dengan makan makanan yang mengandung protein maka tubuh akan menerima asupan yang baik dan baik untuk memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa. beberapa makanan yang mengandung protein adalah seperti, telur, daging ayam, daging sapi serta bisa juga dari kacang-kacangan sebagai pengganti jika anda tidak mengkonsumsi protein dari protein hewani.

5.Makan dan minum secukupnya saja dan tidak berlebihan

Pada saat berbuka puasa sebaiknya anda tidak perlu makan langsung banyak, karena setelah seharian berpuasa proses pencernaan perlu penyesuaian untuk menerima asupan makanan yang masuk kedalam tubuh, sehingga dengan menjaga porsi makan pencernaan anda akan tetap sehat dan tidak terlalu berat mencerna makanan secara berlebihan.

6.Tidak mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan

Jika anda menyukai makanan berminyak seperti gorengan dan sejenisnya sebaiknya anda tidak mengkonsumsi secara berlebihan, kecuali jika anda mengkonsumsi gorengan yang tidak menyerap minyak, anda bisa makan secara aman tanpa takut minyak berlebih.

Demikian Bagaimana 6 cara berbuka puasa yang baik, dengan menjalankan pola berbuka puasa yang baik akan membantu menjaga tubuh tetap sehat dan fit selama menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga : Manfaat Minyak Goreng Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.