8 Tips Mengatasi Lemas pada Saat Berpuasa

[ARTIKEL] 04 Apr 2022

Tips Mengatasi Lemas pada Saat Berpuasa

Puasa merupakan kondisi dimana seseorang tidak makan dan minum selama satu hari penuh. Dalam kondisi ini tubuh akan menggunakan simpanan karbohidrat dan lemak sebagai penyedia energi untuk tubuh. Orang yang berpuasa umumnya akan merasakan lemas namun hal tersebut merupakan hal yang lumrah. Apalagi jika anda tetap beraktivitas seperti biasanya tentu tubuh anda akan merasakan seperti lemas dan mengantuk.

Namun tidak perlu khawatir, berikut ini kami akan bagikan beberapa tips untuk mengurangi rasa lemas selama berpuasa.

1. Selalu Makan Sahur

Sahur merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa lemas saat berpuasa. Selain mendapatkan menambah kebaikan berpuasa, makan sahur juga bisa dianggap sebagai pengganti sarapan. Asupan gizi yang diterima tubuh pada saat sahur sangat bermanfaat untuk memberikan tenaga pada saat beraktivitas di siang hari.

2. Mengkonsumsi makanan sehat

Saat menjalankan ibadah puasa ramadhan hendaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, makanan tinggi serat hingga makanan yang memiliki protein.

Makanan yang memiliki karbohidrat kompleks bisa anda dapatkan dari beras merah, kacang-kacangan hingga berbagai jenis ubi. Sedangkan untuk makanan yang mengandung tinggi serat, anda bisa mendapatkannya dari jenis sayuran dan buah. Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan protein, anda bisa mengkonsumsi lauk seperti ayam, telur dan daging sapi.

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan minum tubuh merupakan hal yang sangat penting, karena pada saat berpuasa kebutuhan cairan tubuh tidak berkurang, sehingga sangat disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh di malam hari baik pada waktu sahur atau ketika berbuka puasa. Memenuhi kebutuhan cairan juga bisa ditambah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak cairan seperti jeruk, semangka, pear dan lain sebagainya.

4. Mencukupi asupan makanan

Saat waktu berbuka puasa tiba, makanan serasa ingin kita lahap semuanya, namun perlu diketahui bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan kita. jadi sebaiknya ketika sudah masuk waktu berbuka puasa hendaklah awali dengan makanan pembuka terlebih dahulu sebelum memakan makanan berat lainya. beberapa makanan pembuka yang bisa anda makan adalah seperti : pisang, kurma, pepaya, ubi hingga berbagai jenis takjil lainya. Setelah sistem pencernaan mulai bekerja dan sudah stabil silahkan makan dengan makanan berat secukupnya.

5. Menyempatkan Berolahraga

Mungkin sebelum bulan puasa anda tidak pernah berolahraga, nah kali ini ada tips menarik yang bisa anda kerjakan saat bulan puasa, yaitu berolahraga. tidak perlu dengan olahraga berat, anda bisa berolahraga ringan saja seperti berjalan, senam ringan atau sekedar peregangan sesuai selera anda. Namun untuk Olahraga berat, bisa anda lakukan pada saat sudah berbuka puasa sehingga tubuh tidak akan mengalami dehidrasi.

6. Luangkan waktu untuk tidur siang

Dengan banyaknya kesibukan atau pekerjaan, memanfaatkan sela-sela waktu istirahat untuk tidur siang meskipun hanya sebentar. Selain akan membuat tubuh lebih rilex, tidur siang juga sangat baik untuk membantu mengurangi kelelahan pada tubuh sehingga tubuh akan kuat berpuasa dengan tetap kuat dan lancar hingga berbuka puasa.

7. Kurangi aktivitas yang berat

Saat menjalankan ibadah puasa sebaiknya anda mengurangi porsi melakukan kegiatan yang berat atau memakan banyak energi. Hal ini bukan berarti anda tidak melakukan pekerjaan sama sekali. Tubuh yang terlalu banyak melakukan pekerjaan berat akan terasa lebih lelah dan lemas. Maka dari itu lakukan lah pekerjaan atau aktivitas sesuai dengan porsi yang anda mampu agar puasa tetap lancar.

8. Hindari Begadang

Saat menjalankan ibadah puasa, ada baiknya anda memperhatikan pola tidur harian anda. Badan yang selalu begadang dan kurang tidur malam juga sangat berpengaruh terhadap kebugaran tubuh. Maka dari itu usahakanlah untuk tidur dengan cukup sekitar 6,7-8 jam agar anda memiliki waktu tidur yang cukup dan mudah untuk bangun makan sahur.

Nah itu dia 8 Tips yang bisa kami bagaikan, semoga dapat menambah wawasan kita untuk memaksimalkan ibadah puasa ramadhan. Dengan memperhatikan pola makan dan menjalankan pola hidup sehat semoga dapat menambah semangat untuk menjalankan ibadah puasa. Serta tidak lupa juga, untuk mendukung pola hidup sehat, jangan lupa untuk selalu menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco.

Minyak goreng kelapa Mamaco terbuat dari kelapa kopra pilihan berkualitas, sehingga Mamaco memiliki warna yang jernih dan tekstur yang lebih encer. Menggunakan minyak goreng kelapa mamaco dapat menjadikan hasil goreng dan masakan lebih sehat dibandingkan menggunakan minyak goreng lainnya. Mamaco juga dapat dipakai berulang kali dan warna tetap jernih. Minyak goreng kelapa Mamaco tidak akan menumpuk lemak pada perut karena mudah diserap oleh tubuh untuk dijadikan energi.

Baca Juga : Keunggulan Minyak Goreng Kelapa Mamaco

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.