Cara Planning Masakan untuk Seminggu

[ARTIKEL] 17 Nov 2021

Cara Planning Masakan untuk Seminggu

Merencanakan makanan selama seminggu dapat menghemat waktu anda berbelanja di supermarket dan anda akan memiliki stok makanan di rumah yang aman.

Cara planning masakan ada beberapa cara namun tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Mulailah dengan memilih resep untuk seminggu mendatang dan membuat daftar belanjaan berdasarkan hidangan tersebut. Kemudian, menyusun strategi ketika berbelanja bahan-bahan di supermarket atau pasar.

Beberapa tips untuk merencanakan masakan selama seminggu adalah sebagai berikut :

1. Mengatur Resep dan Daftar Belanja

Mengatur Resep dan Daftar Belanja

Memilih dan mengatur resep menjadi hal utama yang perlu anda pertimbangkan. Selain perlu memilih makanan sehat, menyesuaikan resep dengan cuaca juga tidak kalah penting.

Untuk memudahkan memilih resep, anda bisa menggunakan bantuan internet untuk menemukan jenis makanan apa saja yang cocok sesuai musim yang sedang berjalan saat ini.

Setelah menulis semua resep, buatlah daftar bahan yang anda butuhkan.Tulis semua bahan yang anda butuhkan dan coret bahan yang sudah anda miliki di lemari es dan di dapur.

2. Berbelanja Stok Bahan Sesuai Resep

Berbelanja Stok Bahan Sesuai Resep

Pilihlah waktu pagi hari untuk berbelanja,karena biasanya pagi hari produk daging, ikan dan bahan lainnya bisa anda dapatkan dengan kondisi yang lebih segar.

Perlu diingat, ketika anda berbelanja untuk memasak selama seminggu usahakan anda membeli bahan dasar yang cukup. Beberapa bahan yang perlu anda pertimbangkan untuk membeli dalam jumlah yang lebih banyak seperti :

  • Minyak goreng
  • Garam dan merica
  • Stock ayam / daging
  • Beras, pasta dan mie
  • Gula
  • Santan kemasan

Jika anda berbelanja ayam atau daging usahakan anda berbelanja bahan tersebut terlebih dahulu, agar disiapkan oleh penjual potongan seperti apa yang anda inginkan sesuai dengan resep anda.

Anda juga bisa memilih bahan makanan yang memiliki kemasan vacuum sealer agar lebih awet.

3. Potong dan Siapkan Bahan Makanan

Potong dan Siapkan Bahan Makanan

Setelah semua bahan yang anda butuhkan sudah terbeli, selanjutnya siapkan semua bahan-bahan anda. Caranya, cuci bersih dan potong sayur dan bumbu sesuai dengan resep yang anda buat. Setelah semua bahan anda bersihkan dan siapkan, selanjutnya bisa anda simpan pada kotak penyimpanan atau plastik khusus lalu simpan didalam lemari es.

Setelah semua bahan sudah siap, kali ini anda telah memiliki stok bahan makanan untuk waktu seminggu kedepan bahkan lebih. Perlu diingat, usahakan anda memasak sesuai dengan jadwal menu yang telah anda planning agar stok makanan tetap fresh ketika dimasak. Untuk bahan seperti sayur yang telah dipotong-potong, direndam terlebih dahulu selama 10-30 menit agar lebih segar.

Tips :

  • Saat berbelanja untuk satu minggu, pertimbangkan umur simpan makanan.
  • Rencanakan untuk membuat resep dari daging untuk memakannya dalam waktu 3 hari setelah pembelian.
  • Rencanakan makanan vegetarian untuk akhir minggu, atau bekukan daging untuk digunakan di akhir minggu.
  • Sebelum Anda memilih resep Anda untuk minggu ini, lihat di lemari es Anda dan lihat apakah ada sesuatu yang perlu dimakan. Ini akan membantu Anda menghindari membuang-buang makanan.
  • Cobalah untuk selalu memiliki Rencana B, seperti memiliki resep dari pasta, mie dan beberapa sayuran beku atau telur orak-arik.
  • Ketika Anda menyimpan barang-barang di lemari es Anda,letakan bahan makanan yang paling awet di bagian belakang.
  • Carilah refrensi resep sesuai kebutuhan anda di https://mamaco.co.id/resep
  • Download juga E-book resep di https://mamaco.co.id/ebook

Untuk mendukung semua jenis masakan dan resep yang telah anda siapakan, jangan lupa utuk selalu gunakan minyak goreng kelapa Mamaco. Minyak goreng kelapa Mamaco adalah minyak goreng kelapa sehat yang mampu mendukung hidup sehat untuk keluarga. Terbuat dari bahan dasar kelapa kopra, minyak goreng kelapa Mamaco memiliki berbagai keunggulan dibandingkan minyak goreng lainnya.

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Baca Juga : Keunggulan minyak goreng kelapa Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.