Fakta Bawa Bekal Sendiri untuk Sekolah Tatap Muka

[ARTIKEL] 09 Jun 2021

Membawa bekal sendiri dari rumah, apa saja keuntunganya?

Bawa bekal sendiri

Belajar dengan sistem tatap muka akan segera dimulai, “Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek), Nadiem Makarim mengatakan pembelajaran tatap muka tetap akan digelar pada Juli 2021. Menurutnya, dengan kebijakan prioritas vaksin untuk para guru, sudah waktunya pembelajaran kembali dilakukan di sekolah.

Namun, Mendikbud-Ristek menekankan bahwa orang tua memiliki hak mutlak menentukan apakah anaknya sudah boleh ikut sekolah tatap muka atau belum. “Itu hak prerogatif orang tua untuk memilih anaknya mau belajar tatap muka atau belajar jarak jauh,” tegas Nadiem dari laman Kemendikbud-Ristek.”

Jadi jika pembelajaran secara tatap muka akan segera dimulai, artinya sebagai orang tua kita harus memperhatikan apa saja kebutuhan anak dan bagaimana persiapan untuk menghadapinya Jika anak sudah mulai belajar secara tatap muka. Salah satunya adalah dengan membawa bekal sendiri, apa saja yang keuntungan dan kebaikan yang akan didapatkan jika kita menyiapkan bekal sendiri untuk anak? berikut ini faktanya :

Lebih Sehat

Lebih Sehat

Membawa makanan sendiri pada saat anak mulai belajar tatap muka dapat mendukung anak lebih sehat karena kita mengetahui dan mengontrol makanan apa yang dimakan oleh anak. Hal ini juga berguna untuk mengontrol kalori, serat, maupun gizi dengan menyantap makanan yang dibuat sendiri. Makanan yang dibeli dari kantin atau warung kadang sudah tak segar lagi. Jadi alangkah baiknya jika Moms menyiapkan dan memberikan bekal sendiri untuk anak.

Lebih Hemat Tenaga

bawa bekal sendiri bisa hemat tenaga

Keuntungan membawa bekal sendiri adalah bisa merasakan waktu istirahat yang lebih banyak, daripada berjalan ke warung atau kantin dan tempat makan lain, membawa bekal sendiri dari rumah merupakan solusi yang sangat baik untuk anak sekolah, terlebih jika anak sudah lelah dengan materi atau pelajaran dari guru, dengan membawa bekal sendiri maka anak akan merasakan waktu istirahat yang lebih lama dan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Menjaga Nafsu Makan dengan Menu yang Lebih Variatif

Menjaga Nafsu Makan dengan Menu yang Lebih Variatif

Nafsu makan anak yang kadang sulit dan tidak menentu menjadi tantangan para orang tua untuk dapat menjaga asupan gizi anak tetap terjaga seimbang di setiap harinya. Terlebih lagi, ketika anak berada di luar rumah, salah satu contohnya di Sekolah, dimana makanan apa saja yang dikonsumsi oleh si kecil tidak dalam pantauan orang tua secara langsung.

Solusi yang aman untuk mengantisipasi anak mengkonsumsi makanan yang kurang bergizi adalah dengan memberikan bekal sendiri dari rumah. Selain aman dan sehat, bekal dari rumah juga dapat dikreasikan sesuai dengan menu favorit anak. Menu yang bervariasi ini juga dapat mengantisipasi rasa bosan anak sehingga nafsu makan dapat terjaga. Nafsu makan anak yang stabil juga tentu dapat membuat sistem imun di dalam tubuh terjaga dengan baik sehingga anak dapat tetap dalam kondisi sehat.

Baca Juga : 5 Inspirasi Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Mengajarkan Hidup Hemat

bawa bekal sendiri Mengajarkan Hidup Hemat

Manfaat lain dari membawakan bekal sendiri untuk anak adalah secara tidak langsung sebagai orang tua sudah mengajarkan hidup hemat untuk anak kita. Jika biasanya Moms tidak membawakan bekal untuk anak, maka anak akan membeli makanan diluar dan jajanan yang tidak bisa kita kontrol secara penuh. Berbeda jika anak dibawakan bekal sendiri, anak akan memakan bekal dan anak akan mengurangi jajan karena akan merasa sudah kenyang setelah memakan bekal dari rumah.

Demikian fakta membawa bekal sendiri untuk anak sekolah ketika sudah memulai belajar tatap muka di sekolah. Setelah mengetahui artikel ini, semoga Moms menjadi lebih semangat membuatkan bekal untuk anak ketika masuk sekolah, berbagai jenis dan pilihan menu juga telah kami berikan sebagai referensi Moms menyiapkan bekal untuk anak, baca artikelnya disini.

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.