Tips Mengontrol dan Mengurangi Kadar Kolesterol

[ARTIKEL] 27 May 2022

Mengontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai resiko terserang penyakit. Namun masih banyak juga orang yang tidak terlalu memperhatikan kadar kolesterol dalam tubuhnya. Maka dari itu, sudah selayaknya kita bisa mengontrol kadar kolesterol pada ukuran yang dan kadar yang normal agar terhindar dari berbagai resiko penyakit.

Perubahan gaya hidup untuk mengurangi kolesterol tentu sangat diperlukan terutama pada pola makan. Hal ini difungsikan agar tubuh memiliki kadar kolesterol yang normal, sehingga secara tidak langsung kebiasaan makan makanan yang kurang sehat dan beresiko meningkatkan kolesterol akan berkurang.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu mengurangi kadar kolesterol :

1. Makan makanan sehat

Salah satu makanan yang sehat dan baik dikonsumsi adalah seperti buah da sayur. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah dan produk susu. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) - kolesterol "jahat".

2. Rajin Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan kolesterol. Aktivitas fisik sedang juga dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), kolesterol "baik". Sehingga sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Berhenti Merokok

Tentu saja, Berhenti merokok akan banyak memberikan manfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), Berhenti merokok juga sangat bermanfaat terutama untuk memaksimalkan tekanan darah dan detak jantung agar lebih baik. Sirkulasi darah dan paru-paru juga akan membaik.

4. Menurunkan Berat Badan

Secara tidak langsung program penurunan berat badan memang harus banyak melakukan aktivitas fisik dan rajin berolahraga. Pola makan dan pemilihan makanan yang sehat serta rutinitas yang dilakukan untuk menurunkan berat badan sangat bermanfaat juga untuk menurunkan kadar kolesterol.

5. Hindari minum Alkohol yang berlebihan

Meminum alkohol bagi sebagian orang memang dibolehkan terutama pada orang dewasa. Namun kebiasaan minum alkohol juga bukan berarti tanpa resiko. Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung dan stroke.

Terkadang perubahan gaya hidup sehat tidak cukup untuk menurunkan kadar kolesterol. Jika dokter merekomendasikan obat untuk membantu menurunkan kolesterol, minumlah sesuai resep sambil melanjutkan perubahan gaya hidup Anda. Perubahan gaya hidup dapat membantu Anda menjaga dosis obat tetap rendah.

Tidak lupa juga kami sarankan untuk selalu menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco agar makanan yang anda makan tidak mengandung kolesterol tinggi akibat pemakaian minyak goreng yang tidak sehat. Minyak goreng kelapa Mamaco terbuat dari kelapa kopra pilihan yang memiliki banyak kebaikan untuk tubuh termasuk karena terkenal minyak kelapa mengandung kolesterol baik (HDL).

Baca Juga : Manfaat Cek dan Tujuan Pemeriksaan Kolesterol

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.