Minyak Goreng Kelapa Bermanfaat dan Lebih Sehat Daripada Butter

[ARTIKEL] 08 Apr 2020

Sempat kehilangan pamornya, minyak kelapa kini dikenal sebagai minyak goreng sehat yang serbaguna. Tidak seperti minyak goreng lainnya minyak kelapa sangat stabil dan tahan terhadap suhu tinggi.

Hal ini berkat tingginya kandungan lemak jenuh dalam minyak kelapa. Itulah mengapa, minyak yang berasal dari daging kelapa ini cocok untuk menumis, memanggang hingga menggoreng.

Menumis

Dari segi nutrisi, satu sendok makan minyak kelapa mengandung 130 kalori dan 14 gram lemak, 13 di antaranya jenuh yang justru baik bagi kesehatan. Jika mengikuti diet keto atau paleo, mungkin Anda sudah terbiasa dengan penggunaan minyak kelapa untuk aktivitas memasak sehari-hari.

Untuk menumis dengan menggunakan minyak kelapa, gunakan sebagai minyak goreng sehat yang punya titik asap lebih tinggi. Aromanya yang cukup kuat dapat meningkatkan selera makan saat digunakan untuk membuat tumisan sayur, daging atau menumis bumbu untuk membuat sup creamy yang nikmat.

Memanggang

Minyak kelapa sangat disukai oleh banyak orang yang beralih ke vegan berkat karakteristiknya yang mirip dengan mentega. Karena kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam minyak kelapa, Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti mentega untuk banyak resep. Dalam bentuk padat, minyak kelapa dapat dimasukkan ke dalam adonan kue kering atau diolah menjadi pie crust yang lezat.

Saat mengganti minyak kelapa dengan mentega, gunakan minyak 25% lebih sedikit dari jumlah mentega yang dibutuhkan. Ini karena minyak kelapa, tidak seperti mentega, hampir merupakan lemak murni, dan Anda perlu memperhitungkan perbedaan dalam resep Anda.

Dan untuk mengimbangi sedikit kelembaban yang biasanya dihasilkan oleh mentega ketika dipanggang, tambahkan sedikit cairan tambahan ke resep untuk menyeimbangkan kadar air secara keseluruhan. Gunakan minyak kelapa untuk membuat chocolate chip cookies yang chewy, muffin lezat dan sehat untuk alternatif sarapan hingga banana bread yang dapat dinikmati dalam waktu singkat.

Memasak

Memasak dengan minyak kelapa semudah menggunakan minyak zaitun. Bahkan jika teksturnya keras saat dimasukkan ke dalam wajan, minyak kelapa akan meleleh dengan cepat dan dapat digunakan seperti minyak goreng sehat lainnya. Gunakan untuk membuat kari kelapa yang dapat disiapkan dalam waktu setengah jam hingga sekadar menggoreng telur dadar yang sederhana dengan aroma yang menggugah selera.

Deep-fry

Minyak kelapa merupakan minyak yang stabil di suhu tinggi berkat kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Untuk hasil terbaik, panaskan minyak goreng sehat ini hingga mencapai suhu 180 derajat Celcius sebelum digunakan untuk menggoreng. Buat gorenganmu terasa lebih gurih, kaya aroma dan tentunya lebih sehat.

Ada beberapa alternatif lezat dan sehat untuk menggunakan minyak kelapa di dapur. Selain memiliki aroma yang khas, minyak kelapa memiliki rasa yang sedikit manis dan memiliki aroma mirip butter saat dipanaskan.

Coba gunakan minyak kelapa yang dihangatkan sebagai pengganti mentega leleh yang disiramkan di atas popcorn. Lelehkan sedikit minyak kelapa dan campur dengan berbagai bumbu penyedap untuk disiramkan di atas udang atau ayam panggang. Bahkan, Anda bisa membuat salad dressing lezat untuk memberikan asupan lemak baik bagi menu makan sehari-hari.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuat frosting kue versi vegan yang lezat, seperti Coconut Cream Frosting. Bukan hanya mendekor cake dengan indah, tapi juga punya citarasa yang menggoda siapa saja untuk menikmatinya. Selamat mencoba minyak kelapa di dapur Anda sekarang juga!

Lihat Artikel Lainnya