Tips Menyimpan Daging yang Benar Agar Lebih Awet

[ARTIKEL] 21 Jul 2022

Cara Menyimpan Daging Agar Lebih Awet

Hari idul adha telah terlewati tahun ini, pastinya banyak orang-orang memiliki banyak stok daging setelah Idul Adha. Jangan bingung, Anda bisa menyimpannya untuk dimasak kemudian hari. Menyimpan daging dalam kulkas tidak bisa sembarangan, perlu cara yang benar agar nutrisi dalam daging tidak hilang dan tetap terjaga kesegarannya. Dengan cara penyimpanan yang benar, daging bisa awet hingga berbulan-bulan.

1. Pilih daging yang Segar

Sebelum anda menyimpan daging untuk disimpan, sebaiknya anda memilih kondisi daging yang segar dan sehat. Kondisi daging yang sehat dan segar umumnya memiliki warna yang merah segar tidak berlendir dan memiliki bau khas daging yang segar.

2. Simpanlah daging menggunakan plastik food grade

Menyimpan daging pada plastik sebelum disimpan sebaiknya anda memperhatikan ukuran potongan daging. Jangan menyimpan daging dengan ukuran potongan yang terlalu besar sehingga ketika akan mengolah daging anda cukup ambil 1 atau 2 potong daging dan tidak perlu membuka bungkusan daging yang lain. Pisahkan juga antara daging dan jeroan. Sebelum anda simpan dalam plastik sebaiknya anda jangan mencuci daging, karena daging yang telah dicuci mengandung banyak air dan menyimpan daging yang berair akan membuatnya mudah mengalami freezer burn.

3. Berikan tanggal simpan pada Plastik

Setelah daging dimasukan pada plastik tulislah tanggal hari saat anda mulai menyimpan daging. umumnya daging bisa bertahan hingga satu tahun, namun untuk bagian lidah atau jeroan hanya bisa bertahan maksimal 4 bulan di freezer.

4. Perhatikan Kestabilan suhu freezer atau lemari pendingin

Kestabilan suhu pada lemari penyimpanan sangat berpengaruh terhadap ketahanan makanan apapun yang disimpan didalamnya, termasuk daging. Atur suhu saat daging dimasukkan ke dalam kulkas dan pastikan suhu freezer di bawah -18° C.

Nah itulah 4 cara terbaik yang sangat perlu diperhatikan untuk menyimpan daging. Semoga dapat menambah pengetahuan kita bagaimana cara menyimpan daging agar lebih awet. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco untuk mengolah berbagai kebutuhan memasak.

Minyak goreng kelapa Mamaco terbuat dari kelapa asli pilihan sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk mengolah berbagai jenis makanan, selain lebih sehat dan rendah kolesterol, minyak goreng kelapa Mamaco juga memiliki karakter yang bisa digunakan berulang kali penggorengan dan tidak akan cepat berubah warna kecoklatan sehingga lebih hemat saat digunakan.

Baca Juga : Ide Menu Daging yang Praktis dan Kekinian

Promo Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.