8 Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Meletup

[ARTIKEL] 04 Jan 2021

Tips Menggoreng Ikan

Pilihan Memasak olahan ikan menjadi solusi makanan yang lezat dan kaya akan kandungan gizi sehingga baik untuk dikonsumsi. Ikan menjadi salah satu makanan favorit untuk semua kalangan baik anak - anak, orang dewasa hingga para orang tua. Ikan goreng merupakan makanan olahan ikan yang cukup mudah dan nikmat jika dijadikan menu santap bagi keluarga tercinta.

Perlu Moms ketahui meski menggoreng ikan terlihat mudah, namun masih banyak orang yang mengalami kesulitan dan salah saat menggoreng ikan. Salah satu kendala saat menggoreng ikan adalah menjadi lengket dan meletup pada saat digoreng.

Itulah salah satu penyebab yang membuat orang takut memasak adalah aktivitas menggoreng yang meletup - letup dan muncrat ke badan, tangan dan terkadang ke area wajah. Minyak yang meletup dan mengenai bagian tubuh seperti tangan akan terasa perih dan panas. itu sebabnya beberapa orang ada yang takut untuk belajar memasak karena hal tersebut.

Beberapa makanan seperti ikan, ayam, tahu, bahkan kadang telur merupakan beberapa jenis makanan yang biasa membuat minyak meletup - letup saat digoreng.

Namun, sekarang Moms tidak perlu takut lagi untuk menggoreng, karena kami akan memberikan tips - tips cara menggoreng ikan agar tidak meletup - letup. dan pastinya tips ini bisa Moms Share ke semua teman dan Kerabat Moms.

1. Rendam Ikan dengan Bumbu

Tips sebelum menggoreng ikan, usahakan untuk merendam ikan terlebih dahulu dengan bumbu sebelum digoreng. Rendam ikan dengan bumbu selama 1-2 jam. Cara ini akan meminimalisir ikan lengket dan minyak meletup saat digoreng. Merendam ikan sebelum digoreng juga akan mendapatkan rasa ikan goreng yang lebih gurih, dikarenakan bumbu telah meresap dengan baik ke daging ikan.

2. Perhatikan Kebersihan Alat Penggorengan (Wajan)

Pastikan penggorengan yang Moms akan gunakan dalam kondisi kering dari air maupun sisa minyak penggorengan atau masakan lain. Faktor yang paling umum yang dapat menyebabkan minyak meletup adalah karena di dalam penggorengan atau wajan masih mengandung air. Maka sebaiknya Moms pastikan terlebih dahulu sebelum memasukkan minyak goreng ke penggorengan, pastikan penggorengan telah bersih dan bebas dari air.

3. Pastikan Minyak sudah Panas

Jika Moms akan menggoreng apapun pastikan terlebih dahulu minyak yang Moms akan gunakan sudah panas sebelum memasukkan ikan ke dalam wajan penggorengan. jika memasukkan ikan ke dalam wajan dengan minyak yang belum panas, sangat memungkinkan ikan yang Moms goreng akan meletup, lengket bahkan hancur. Minyak yang belum panas juga akan membuat ikan menyerap minyak terlalu banyak saat matang. Selain minyak harus panas, sebaiknya minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak baru.

Baca Juga : Pentingnya Minyak Goreng dipakai lebih dari 6 X

4. Balik Ikan Saat Sudah Cukup Kering

Salah satu hal yang umum dilakukan orang yang baru belajar memasak adalah membolak-balik makanan saat sedang menggoreng. Hal ini sangat berpotensi membuat minyak meletup dan mengenai tangan pada saat menggoreng. Sebaiknya anda membalik ikan yang anda goreng pada saat kondisi ikan sudah cukup kering pada bagian bawah, sehingga tidak mengakibatkan lengket. Hal ini juga berguna jika anda menggoreng makanan lain selain ikan, membolak balik makanan saat sedang digoreng selain dapat mengakibatkan lengket dan meletup, membolak balik makanan saat belum cukup kering dapat menyebabkan makanan yang digoreng menjadi hancur.

5. Tambahkan Sedikit perasan Lemon

Menambahkan perasan lemon ke dalam minyak ke penggorengan bisa membantu anda saat menggoreng agar tidak meletup. Caranya : Cukup masukan sedikit perasan lemon ke dalam minyak yang ada dalam penggorengan. Cara ini dapat menurunkan resiko ikan lengket dan perasan lemon dapat menurunkan risiko ikan meletus atau meletupkan minyak ketika digoreng.

6. Menambahkan Garam ke Minyak di Penggorengan

Banyak yang masih belum tau jika menambahkan sedikit garam ke minyak bisa membuat minyak tidak meletup saat menggoreng. Caranya adalah Tambahkan garam saat minyak dipanaskan, biarkan sampai larut dengan sendirinya dan jangan diaduk - aduk. Jika sudah larut Moms bisa menggunakan untuk menggoreng seperti biasa.

7. Tambahkan Sedikit Tepung Terigu ke Dalam Minyak

Tambahkan sedikit tepung terigu pada minyak goreng sebelum menggoreng masakan. Tips ini paling sering dipakai di banyak tempat dan sudah terbukti bahwa menambahkan sedikit tepung saat menggoreng ikan dapat meminimalisir terjadinya ikan lengket di penggorengan dan meletup. Karena tepung terigu dapat menyerap kandungan air pada bahan makanan yang digoreng, sehingga tidak akan membuat minyak meletup.

8. Tambahkan Sedikit Potongan Jahe ke Dalam Minyak

Sama seperti prinsip tepung terigu, jahe yang dimasukkan kedalam minyak akan menyerap kandungan air. Sebelum menggoreng ikan, usahakan untuk merendam ikan dengan bumbu. Rendam ikan dengan bumbu minimal selama 1-2 jam seperti yang sudah dijelaskan pada point 1 di atas.

Oleh karena itu, Moms bisa menambahkan sedikit potongan jahe ke dalam minyak saat menggoreng masakan.Tak perlu khawatir, karena jahe tidak akan terasa pada masakanmu. Apalagi jika Moms menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco, gorengan akan menjadi lebih sehat, gurih dan renyah.

Selamat memasak para Moms, gunakan minyak goreng kelapa Mamaco untuk segala jenis gorengan dan masakan ya Moms.

Baca Juga : Keunggulan Minyak Goreng Kelapa untuk Memasak

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.