Mengenal Lebih Dalam Proses Hidrogenasi

[ARTIKEL] 06 Jan 2021

Pengertian Hidrogenasi

Hidrogenasi adalah proses yang menggunakan gas hidrogen untuk mengubah minyak nabati cair menjadi padat seperti olesan/margarin. Proses ini menstabilkan minyak dan mencegah basi akibat oksidasi. Reaksi hidrogenasi bersifat sensitif terhadap berbagai faktor yang dapat berdampak negatif pada waktu batch, masa pakai katalis, kecepatan produksi, dan selektivitas.

Banyak reaksi-reaksi terkait yang telah dikembangkan untuk kegunaannya. Kebanyakan hidrogenasi menggunakan gas hidrogen (H2), namun ada pula beberapa yang menggunakan sumber hidrogen alternatif; proses ini disebut hidrogenasi transfer. Reaksi balik atau pelepasan hidrogen dari sebuah molekul disebut dehidrogenasi. (Sumber Wikipedia).

Hidrogenasi Minyak Kelapa

Terdapat dua macam proses hidrogenasi, yaitu : Hidrogenasi sempurna (fully hydrogenation) dan hidrogenasi sebagian (partially hydrogenation). Masing-masing akan menghasilkan jenis lemak padat yang berbeda.

1. Hidrogenasi sempurna (fully hydrogenation)

Hidrogenasi sempurna (fully hydrogenation) adalah : proses hidrogenasi sempurna yang menghasilkan lemak jenuh dalam bentuk asam stearat. Dalam tubuh, senyawa tersebut diubah menjadi asam oleat, salah satu bentuk lemak tak jenuh tunggal yang tidak meningkatkan kadar LDL.

Selain tidak menyebabkan masalah jantung dan pembuluh darah, lemak yang terhidrogenasi sempurna juga lebih baik secara fisik. Lemak tersebut biasanya lebih padat, tidak mudah meleleh meski disimpan dalam suhu ruangan.

2. Hidrogenasi sebagian (partially hydrogenation)

Hidrogenasi sebagian (partially hydrogenation) adalah : proses hidrogenasi parsial (sebagian) lebih berbahaya karena mengandung ikatan trans, sehingga disebut lemak trans. Jenis lemak ini lebih berbahaya dibandingkan lemak jenuh karena dapat meningkatkan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein).

Penggunaan lemak trans dalam makanan sebaiknya dihindari, karena peningkatan kadar LDL erat kaitannya dengan berbagai masalah jantung dan pembuluh darah. Mulai dari tekanan darah tinggi (hipertensi) hingga gagal jantung maupun stroke.

Minyak Kelapa Padat Mamaco Crystal : Hidrogenasi sempurna (fully hydrogenation)

Keunggulan Minyak Goreng Kelapa Padat Mamaco Crystal

Minyak kelapa padat (mamaco crystal) adalah minyak kelapa padat pertama di indonesia. Mamaco Crystal diproses langsung di pabrik minyak minyak goreng kelapa terbesar di Indonesia yaitu PT. Sari Mas Permai. Proses hidrogenasi di PT. Sari Mas Permai adalah hidrogenasi sempurna (hidrogenasi penuh) yang menghasilkan lemak jenuh berupa asam stearat. Di dalam tubuh, senyawa ini diubah menjadi asam oleat, salah satu bentuk lemak tak jenuh tunggal yang tidak meningkatkan kadar LDL.

Selain tidak menyebabkan masalah jantung dan pembuluh darah, lemak terhidrogenasi lengkap juga secara fisik lebih baik. Lemak ini biasanya lebih padat, tidak mudah meleleh meski disimpan dalam suhu ruangan. Hasil terbaik hidrogenasi minyak kelapa.

Untuk memastikan Anda mendapatkan minyak kelapa padat yang aman sebagai salah satu bahan produksi yang memilih bahan yang baik dan kualitas yang terjamin, PT. Sari Mas Permai telah terbukti mampu memberikan hasil yang baik dengan salah satu produknya yaitu minyak kelapa padat. Produk yang diproduksi oleh PT. Sari Mas Permai telah mengekspor ke berbagai negara di dunia karena sudah terpercaya dengan kualitasnya yang baik.

Sari mas Permai : Minyak Kelapa Terhidrogenasi

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.