5 Jenis Pisau Dapur dan Fungsinya

[ARTIKEL] 10 Sep 2021

Ketahui 5 Jenis Pisau Dapur dan Masing - masing Fungsinya

5 jenis Pisau Dapur dan Fungsinya

Pisau merupakan salah satu alat dapur yang wajib tersedia di dapur, sebagaimana fungsinya untuk memotong berbagai sayur, buah, bumbu hingga daging dan cincang. Namun ketersediaan pisau di setiap dapur rumah tangga umumnya menggunakan satu atau 2 pisau saja yang hampir digunakan untuk semua jenis pemotongan sehingga penggunaan pisau saat ini masih belum sesuai dengan jenis pisau dan fungsinya.

Menggunakan jenis pisau tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pemotongan akan mempermudah dan mempercepat pemotongan sehingga bisa memaksimalkan waktu di dapur. Nah berikut ini akan kami bagikan informasi menarik seputar 5 jenis pisau dan fungsinya yang paling banyak dipakai di dapur :

1. Boning knife

5 Jenis Pisau Dapur dan Fungsinya

Pisau boning knife adalah pisau yang biasa digunakan untuk fillet, pisau jenis ini memiliki bentuk yang ramping memiliki ujung yang melengkung dan runcing, pisau jenis boning knife rata-rata memiliki panjang sekitar 15 cm. Jenis pisau ini sengaja didesain melengkung agar mempermudah para kita untuk mengontrol potongan jenis daging apapun. Menggunakan pisau jenis boning knife akan mempermudah dan mempercepat proses memisahkan antara daging dan tulang, mengiris tipis daging hingga membuang lemak yang terdapat pada daging.

2. Paring Knife

Paring Knife

Paring knife memiliki ujung yang runcing dan fleksibel pisau jenis ini biasa digunakan untuk mengupas buah, memotong sayuran dan memisahkan kulit udang. Jenis pisau dapur ini dapat juga dipakai untuk menghias makanan. Pisau paring knife memiliki ukuran yang kecil dengan panjang hanya 10 sampai 17 cm saja. Bentuk pisau paring ini memiliki ukuran yang kecil dan ujungnya runcing sehingga bisa lebih mudah penggunanya dan fleksibel saat mengukir berbagai bentuk buah atau sayur sebagai hiasan masakan.

3. Bread knife

Bread knife

Bread knife merupakan Jenis pisau dapur digunakan untuk mengiris roti Secara bentuk, bread knife memiliki ukuran yang lebih panjang dan bergerigi, pisau roti ini memiliki panjang sekitar 12,5 cm sampai 30 cm. Selain lebih mudah untuk memotong roti karena bentuk dan ukuranya, pisau jenis ini juga dapat menghasilkan potongan yang lebih rapi dan tidak membuat roti hancur. Jadi jangan salah pakai pisau ya moms untuk memotong berbagai roti atau kue basah dan kue tart, pastikan gunakan pisau ini agar hasil potongan lebih rapi dan tidak berantakan.

4. Cleaver Knife

Cleaver Knife

Cleaver knife adalah jenis pisau yang berfungsi untuk berbagai jenis makanan makanan, sayur, dan memotong tulang daging yang besar karena bentuknya yang lebar dan lebih kuat dari pisau lainya. Bentuknya yang kokoh dan memiliki bentuk persegi pisau ini tidak perlu diragukan lagi untuk memotong dan mencincang berbagai jenis makanan dan daging. Tampilan pisan yang besar pipih dan tajam pisau yang besar ini juga biasa digunakan untuk memotong tulang ayam.

5. Fluting Knife

Fluting Knife

Hampir sama dengan paring knife, Fluting knife memiliki ukuran lebih kurang 5-10 cm yang berguna untuk membuat hiasan pada piring agar makanan lebih terlihat indah dan menarik untuk disajikan. Jenis pisau dapur ini sangat membantu para chef untuk bekerja lebih cepat di hotel dan restoran. Bentuk dari fluting knife lebih tajam dan berlekuk agar memudahkan si penggunanya. Pisau fluting knife memiliki ketajaman yang tinggi, dan berlekuk. Sehingga, tempat penyimpanan pisau ini, disarankan harus sangat diperhatikan.

Nah demikian info seputar 5 jenis pisau dan masing-masing fungsinya, semoga dengan artikel ini bisa memberikan edukasi kepada kita bagaimana cara memilih pisau agar sesuai dengan kebutuhan dapur kita. dari 5 pisau diatas merupakan jenis pisau yang paling umum dipakai untuk memenuhi kebutuhan dapur agar kegiatan potong memotong lebih cepat.

Selain itu kegiatan memasak di dapur juga bisa lebih menyenangkan jika memasak menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco, selain lebih jernih dan sehat, minyak goreng kelapa Mamaco juga dapat digunakan lebih dari 6 kali pemakaian. Maka dari itu sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan memasak karena lebih hemat.

Beli Sekarang

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.