Tips Mengolah Sayur Sebelum Dimasak

[ARTIKEL] 23 Jun 2022

Tips Mengolah Sayur Sebelum Dimasak

Sayuran merupakan makanan yang digemari banyak orang. Hampir setiap hari wajib untuk mengkonsumsi sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh, kandungan gizi yang terdapat didalam sayur mampu memenuhi berbagai kebutuhan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh.Namun tidak jarang masih banyak sekali orang yang salah dalam mengolah sayur sehingga banyak kandungan gizi pada sayur yang hilang akibat cara mengolah sayur yang salah.

Berikut ini cara cara mengolah sayur yang benar agar kandungan gizi pada sayur tidak hilang namun kebersihannya terjamin.

1. Pilihlah sayuran yang segar dan muda

Sayur yang segar merupakan jenis sayuran yang paling baik untuk diolah, selain warnanya yang masih fresh dan belum layu sayur yang segar juga terbukti memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan dengan sayuran yang sudah layu dan lewat beberapa hari.

2. Cucilah sayuran dengan air mengalir

Mencuci sayur sebelum dipotong menjadi hal yang wajib, bukan hanya sekedar mencuci saja ya, perhatikan juga cara mencucinya. Alangkah baiknya jika anda mencuci sayur menggunakan air yang mengalir. Air mengalir akan lebih maksimal jika digunakan untuk mencuci sayur karena kotoran akan terbawa oleh aliran air yang mengalir.

4. Potong ukuran sedang

Potongan sayur juga sangat menentukan kandungan gizi yang akan didapatkan. Potongan sayuran yang terlalu kecil akan menyebabkan hilangnya kandungan gizi pada sayur ketika dimasak. Berbeda dengan ukuran potongan sayur yang lebih besar, potongan yang lebih besar akan menyimpan kandungan gizi yang ada pada sayuran sehingga lebih banyak gizi yang tersimpan.

5. Rendam sayuran terlebih dahulu

Setelah dipotong sesuai dengan ukuran, rendamlah dahulu sayuran tersebut ke dalam air, beberapa sayuran yang perlu direndam adalah seperti, kangkung, bunga kol,dan sayuran sejenisnya supaya jika ada kotoran yang ada bisa keluar secara maksimal.

6. Perhatikan waktu, suhu, dan air saat memasak sayuran

Waktu, suhu dan air sangat menentukan kandungan gizi pada sayur, 3 hal ini adalah poin wajib yang perlu diperhatikan agar pada saat mengolah sayur tingkat kematangan, warna sayur dan kandungan gizi tetap terjaga.

7. Gunakan metode memasak yang sesuai

Terdapat berbagai metode memasak yang perlu diperhatikan pada saat mengolah sayur. Sesuaikan metode memasak pada sayuran yang anda masak, karena jika anda memasak jenis sayur tertentu namun salah menggunakan metode maka kandungan gizi dan hasil masakan pun tidak akan maksimal.

Nah itulah tips singkat yang bisa anda jadikan referensi saat memasak berbagai jenis sayuran. Ternyata memasak itu ada tips dan cara yang perlu dilakukan ya Moms, agar kandungan gizi pada sayur tidak hilang.

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan minyak Goreng kelapa Mamaco untuk mengolah berbagai jenis masakan. Minyak goreng kelapa Mamaco terbuat dari kelapa kopra pilihan yang sangat baik digunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh serta dapat terhindar dari resiko kolesterol tinggi yang disebabkan oleh makanan.

Minyak Goreng Kelapa - Mamaco

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.