Serbaguna dan Banyak Dicari, Cara Memilih Minyak Kelapa Berkualitas

[ARTIKEL] 29 Apr 2020

Kini semakin banyak orang yang memilih menggunakan bahan alam untuk merawat kesehatan dan penampilan. Salah satunya minyak kelapa. Ingin rambut tumbuh lebih cepat dan terawat? Oleskan saja di kulit kepala.

Begitu juga citarasa dan nutrisi yang diberikannya dalam berbagai makanan bikin minyak kelapa kini semakin tenar dan banyak dicari. Tapi sebelum mencobanya sendiri, Anda harus memilih kualitas minyak kelapa yang terbaik.

Ada berbagai pertimbangan yang harus dilalui, untungnya ada panduan mudah berikut ini yang akan membantumu menemukan minyak kelapa yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Rasa dan Aroma

Minyak kelapa memiliki rasa dan aroma yang unik. Meskipun aromanya tidak terlalu kuat, minyak kelapa yang asli akan memiliki aroma mirip dengan kelapa segar yang dibuka.

Sebaliknya, jika aromanya mirip kacang yang terpanggang, artinya salah satu minyak sehat tersebut telah dipanaskan sehingga mengurangi kebaikan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Tujuan Penggunaannya

Jika Anda berencana memasak dengan menggunakan minyak kelapa atau mengkonsumsinya mentah-mentah, pilih minyak kelapa yang mencantumkan label food-grade. Artinya, minyak kelapa tersebut dibuat dengan standar kualitas produksi yang tinggi.

Sehingga, minyak kelapa tersebut ideal untuk keperluan kesehatan, merawat penampilan maupun untuk keperluan sehari-hari. Jika ingin menggunakan minyak kelapa secara eksternal, bisa memilih minyak kelapa non-food grade.

Metode Ekstraksi Minyak

Walau masih awam dalam memilih minyak kelapa, tapi Anda bisa menentukan pilihan berdasar metode ekstraksinya. Sebagian besar minyak kelapa diperoleh dari cold-pressed. Tapi, proses yang mengarah ke langkah tersebut merupakan faktor penting. Banyak produsen yang memanaskan kelapa untuk mengekstraksi minyak sebanyak mungkin. Padahal, satu-satunya cara untuk mendapatkan nutrisi terbaik adalah dengan tidak melakukan proses pemanasan baik sejak awal hingga selesai.

Metode lainnya yang kini mulai ditinggalkan adalah expeller-pressed. Metode ini menggunakan proses pemanasan untuk memeras minyak dari daging kelapa. Namun metode ini dapat merusak nutrisi penting seperti asam lemak rantai sedang dan asam laurat yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Kemasan Minyak Goreng Kelapa

Kini, ada berbagai pilihan minyak goreng kelapa di pasaran. Selain mempertimbangkan metode ekstraksi dan tampilannya, kemasan minyak goreng juga bisa jadi faktor penting.

Salah satu wadah yang digunakan adalah botol berbahan kaca layaknya penyimpanan minyak sehat lainnya seperti minyak zaitun. Botol kaca yang tertutup rapat biasanya tidak akan memicu perubahan arsa dan dapat mengunci nutrisi dengan lebih efektif.

Namun, kini tidak sedikit juga yang menggunakan plastik sebagai kemasan minyak goreng kelapa. Selain lebih murah, membeli minyak kelapa dalam jumlah yang cukup besar dalam kemasan plastik memudahkan Anda untuk melakukan perubahan pada gaya hidup yang lebih sehat dan alami.

Pentingnya Label DImurnikan atau Refined

Minyak yang dimurnikan memiliki titik asap yang lebih tinggi sehingga membuatnya cocok untuk metode memasak dalam suhu tinggi. Namun, proses pemurnian ini memberikan dampak seperti menghilangkan nutrisi dan menghilangkan rasa dan aroma alami kelapa.

Oleh karena itu, saat berbelanja minyak kelapa yang digunakan untuk deep-fry atau menumis, cari label yang menunjukkan proses ekstraksi yang bebas dari bahan kimia.

Sedangkan untuk keperluan minyak kelapa lainnya, termasuk memasak dengan panas rendah atau tanpa panas sama sekali, seperti dressing salad atau memanggang, minyak kelapa yang murni merupakan pilihan terbaik. Cari minyak kelapa yang mencantumkan label unrefined, virgin extra-virgin atau cold-pressed.

Gunakan tips-tips berikut ini untuk menemukan minyak kelapa terbaik bagi kesehatan Anda.

Lihat Artikel Lainnya