Sehat Dan Nikmat!, Begini Cara Beda Konsumsi Minyak Padat Kelapa Kopra

[ARTIKEL] 22 Apr 2020

Minyak kelapa kini disebut-sebut sebagai salah satu makanan super karena dianggap mampu membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari kulit, rambut hingga organ tubuh. Jika mencari di pasaran, Anda akan menemukan adanya minyak padat kelapa kopra dan ada juga yang berbentuk cair dengan warna putih jernih.

Minyak kelapa murni diekstrak dari daging kelapa, santan, atau residu kelapa. Label virgin menyiratkan bahwa tidak ada pelarut kimia yang digunakan dalam proses ekstraksi. Ini biasanya dilakukan dengan cara cold-pressed tanpa penambahan pemutih dan penghilang bau. Sehingga, minyak yang dihasilkan tidak berbau dan beraroma lebih segar.

Sedangkan, minyak padat kelapa kopra biasanya akan memadat pada suhu kamar. Karakteristik warnanya, umumnya berwarna krem atau putih. Dan mudah meleleh ketika terkena panas tinggi. Minyak padat kelapa kopra juga memiliki jumlah kalori hampir mirip dengan minyak zaitun. Sehingga, cocok digunakan sebagai pengganti mentega bagi Anda yang tengah menjalani pola makan vegan atau diet tertentu.

Siap menambahkan lebih banyak minyak kelapa sehari-hari? Intip beberapa triknya berikut ini.

Memasak dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat ideal untuk memasak karena memiliki titik asap yang tinggi dibandingkan dengan minyak nabati lainnya. Mulai dari menumis, menggoreng, mengukus hingga memanggang. Anda bisa menggantikan minyak sayur atau mentega untuk hasil yang lebih lezat dan sehat.

Langsung Dikonsumsi

Jika Anda tidak keberatan dengan rasa minyak kelapa, memakan satu sendok minyak kelapa secara langsung adalah salah satu cara termudah. Hal ini bahkan dianggap mampu membantu menurunkan berat badan. Sebaiknya, konsumsi 20 menit sebelum makan untuk membantu mengurangi nafsu makan, membuatmu merasa kenyang lebih cepat serta meningkatkan metabolisme.

Tambahkan ke Smoothie

Minuman yang satu ini tengah jadi tren tersendiri karena membantu meningkatkan asupan buah dan sayur dengan cara yang mudah dan lezat. Untuk meningkatkan nutrisinya, tambahkan satu sendok makan minyak kelapa ke smoothie. Tapi pastikan, minyak kelapa yang digunakan tidak menggumpal atau sudah dalam kondisi cair untuk memudahkan pembuatan smoothie.

Tambahkan ke kopi atau teh

Konsumsi lebih banyak minyak kelapa dengan menambahkannya ke dalam kopi atau teh. Cukup tambahkan satu atau dua sendok teh ke minuman panas. Lalu, aduk sampai minyak kelapa meleleh. Anda juga bisa mencampurkan minyak kelapa ke dalam kopi untuk membuat cita rasanya lebih gurih dan memiliki busa lembut di permukaannya.

Panggang dengan Minyak Kelapa

Membuat muffin, panekuk atau roti, Anda dapat menggantikan mentega dengan minyak kelapa di sebagian besar resep. Ingatlah bahwa minyak kelapa akan mengeras jika menambahkan bahan dingin ke dalam adonan. Jadi, pastikan semua bahan bersuhu ruangan sebelum mulai membuat kue.

Campurkan ke dalam yogurt

Minyak kelapa dapat dengan mudah ditambahkan ke yogurt juga. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mencairkannya terlebih dahulu. Baru, perlahan-lahan menambahkannya ke yogurt Anda. Pastikan untuk mencampurnya dengan baik sebelum dinikmati dengan tambahan irisan buah atau topping kacang-kacangan.

Tambahkan dalam selai kacang

Jika ingin makan selai kacang atau almond yang alami, Anda mungkin memperhatikan bahwa minyak terpisah ke bagian atas tabung. Anda bisa membuang minyak tersebut dan mencampurkan minyak kelapa ke dalam selai kacang. Usahakan untuk melelehkan minyak kelapa terlebih dahulu sebelum menambahkannya.

Ada banyak cara untuk meningkatkan konsumsi minyak kelapa untuk kesehatan Anda. Siap mencobanya?

Lihat Artikel Lainnya