Minyak Kelapa Dapat Menggantikan Fungsi Minyak Kakao

[ARTIKEL] 26 Jan 2018

Ada alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pemecahan masalah meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan minyak kakao dan sebagai cara mengantisipasi adanya kekurangan bahan baku minyak kakao tersebut.

Kelonjakan permintaan pasar akan minyak kakao sebagai bahan baku pembuatan produk makanan maupun produk kecantikan tentu membuat produsen menjadi kewalahan. Namun, ternyata ada alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pemecahan masalah meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan minyak kakao dan sebagai cara mengantisipasi adanya kekurangan bahan baku minyak kakao tersebut.

Tergolong dalam spesies yang sama minyak kelapa dan minyak kelapa sawit memiliki kualitas dan manfaat yang tidak jauh beda. Kedua minyak tersebut pun dikombinasikan yang selanjutnya dilakukan rekayasa sintetis untuk membuktikan bahwa camporan dari kedua minyak tersebut memiliki kandungan yang hampir sama dengan minyak kakao.

Rekayasa sintetis dilakukan dengan cara menyamakan rentang ukur dan titik leleh antara campuran minyak kelapa sawit dan minyak kelapa dengan minyak kakao. Hal menakjubkan yang didapat setelah rekayasa sintetis tersebut dilaksanakan adalah ternyata gabungan antara minyak kelapa dan minyak kelapa sawit memiliki rentang ukur dan titik leleh yang sama dengan minyak kakao. Hal ini tentunya menjadi penemuan baik, karena dari segi fungsi dan tekstur kombinasi kedua minyak tersebut memiliki kesamaan dengan minyak kakao. Selain itu adanya komponen asam lemak triglisida yang terkandung dalam masing-masing lemak, semakin membuat kedua campuran lemak tersebut memiliki kandungan manfaat yang identik dengan minyak kakao.

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.