Minyak Goreng Kelapa Padat Untuk Adonan Donat

[ARTIKEL] 15 Aug 2020

Halo Mom Friends... Bagaimana kabar selama pandemi ini? Semoga mom friends semua masih dalam keadaan sehat ya. Mom friends familiar dengan kue donat kentang? Sudah pasti sebagian besar mom friends sudah tau dengan jajanan yang satu ini karena donat merupakan salah satu jajanan yang sudah kita temui dan kita konsumsi bahkan mulai dari kita kecil.

Saat ini, terdapat berbagai jenis Donat yang ada di pasaran. Selain jenisnya yang beragam, harganya juga beragam loh, mulai dari donat yang dibandrol dengan harga Rp. 2.000 hingga donat yang memiliki harga Rp. 100.000. Variasi harga tersebut tentunya tidak terlepas dari rasa dan resep yang ada di dalam adonan donat dan tentunya brand dari donatnya.

Penasaran tidak sih bagaimana donat yang berharga mahal itu bisa enak banget untuk dinikmati? Untuk menjawab rasa penasaran mom friends, pada artikel ini akan dibahas mengenai salah satu resep rahasia donat yang bisa membuat donat menjadi lebih enak dari donat kentang pada umumnya.

Mom friends tentu pasti sudah tahu bahwa salah satu bahan utama untuk membuat Donat adalah margarin. Margarin dalam adonan donat ini berfungsi sebagai pembantu ragi melaksanakan tugasnya sehingga adonan dapat mengembang dengan baik. Nah, adonan yang mengembang baik inilah yang nantinya akan membuat donat memiliki tekstur lebih lembut dan tidak bantat. Seperti halnya produk lainnya, margarin yang beredar di pasaran saat ini juga memiliki banyak pilihan. Banyaknya pilihan tersebut tentu membuat mom friends harus lebih jeli lagi dalam memilah dan memilih agar donat yang dihasilkan nantinya selain enak juga tentunya sehat.

Nah, kabar baiknya untuk mom friends, margarin ini ternyata bisa digantikan dengan salah satu produk dari Mamaco yang dikenal dengan Mamaco Crystal. Dari hasil bincang santai dengan Yohanes Tri Wicoro dari tim Mamaco yang lebih akrab disapa dengan nama Jojo. Jojo menjelaskan bahwa, Mamaco Crystal adalah minyak goreng kelapa padat yang terbuat dari kopra terbaik yang mana ketika proses produksi, mamaco crystal ini di hidrogenasi dan diproses sedemikian rupa sehingga aspek kesehatannya tetap terjaga.

Jojo juga sedikit menjelaskan teori secara sederhana yang dapat membuat Minyak Padat Kelapa Mamaco Crystal bisa menjadi bahan alternatif untuk membuat kue terutama Donat Kentang dan bahkan sangat pantas untuk direkomendasikan.

Poin pertama, tentunya dilihat dari aspek kesehatannya. Sudah bukan rahasia lagi kalau minyak goreng kelapa itu lebih sehat dibandingkan dengan minyak goreng sawit. Begitu pula dengan Mamaco Crystal yang terbuat dari kopra (kelapa yang dikeringkan) yang mana Mamaco Crystal tidak memiliki lemak trans sehingga tentunya lebih sehat jika dibandingkan dengan margarin yang berbahan dasar dari minyak goreng sawit.

Kedua, berdasarkan fungsinya sebagai bahan utama pembuatan donat. Mamaco Crystal dan juga margarin keduanya sama sama dapat mengikat bahan-bahan pembuat kue sehingga tidak akan ada masalah yang timbul ketika mom friends mengganti margarin dengan Mamaco Crystal.

Dan yang ketiga nih dilihat dari tekstur hasil donat. Ternyata donat yang diolah dengan menggunakan mamaco crystal memiliki tekstur yang lebih lembut ketika dimakan yang tentunya dapat membuat selera makan bertambah mom friends.

Untuk pengaplikasiannya, Jojo mengatakan bahwa mamaco crystal ini dapat 100% menggantikan margarin, yang mana artinya semua kebutuhan margarin dalam adonan dapat digantikan secara keseluruhan dengan mamaco crystal. Tapi, jika memang masih belum terlalu percaya diri, mom friends, bisa menggunakan perbandingan 1 gram margarin untuk 1 gram mamaco crystal. Atau jika dijelaskan secara angka, jika di dalam 1 resep membutuhkan 100 gram margarin, maka penggunaan margarin adalah sebanyak 50 gram dan 50 gram lainnya menggunakan mamaco crystal.

Jojo juga mengatakan bahwa untuk percobaan pertama mungkin akan ada perbedaan rasa dari donat yang dihasilkan. Hal tersebut karena memang semua eksperimen memang belum tentu bisa berhasil hanya dengan satu kali percobaan. Tapi, untuk hidup sehat, usaha apapun harusnya rela untuk dilakukan.

Nah, kalau mom friends memerlukan referensi penggunaan minyak goreng kelapa padat untuk pembuatan donat ini, mom friends bisa cek resepnya link dibawah ini ya :

https://www.youtube.com/watch?v=1tW4S0whgKg&list=PLGVzRJoLpz6CWIXvAutOYrfw6zwTAhLCS&index=11

atau juga melalui link https://www.instagram.com/p/B-GYyPsAgiU/

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.