Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Bayi

[ARTIKEL] 09 Jan 2021

Tips memanfaatkan minyak kelapa untuk Bayi

Sudah tidak diragukan memang kebaikan minyak goreng kelapa, kali ini kami akan membagikan tips untuk Moms yaitu tentang Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi. Memang sejak dahulu dari nenek moyang kita, minyak kelapa banyak sekali dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari untuk memasak, menggoreng hingga dijadikan untuk perawatan tubuh dan obat-obatan. Kali ini kami akan share kepada Moms tentang kebaikan apa saja yang bisa dimanfaat dengan minyak kelapa untuk bayi.

1. Minyak kelapa untuk pijat bayi dan perawatan kulit

Sejak dahulu, minyak kelapa sudah dimanfaatkan sebagai minyak pijat bahkan untuk semua umur. Alasanya adalah karena, minyak kelapa tidak menimbulkan iritasi pada kulit, sehingga bisa dijadikan untuk pilihan tepat untuk memijat bayi. Memijat bayi dengan minyak kelapa juga dapat melembabkan kulit bayi, sehingga baik untuk perawatan kulit bayi yang masih sangat sensitif.

2. Sebagai perawatan rambut

Merawat rambut bayi merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi para Moms, bayi yang memiliki rambut sehat dan rapi tentu menjadikan bayi semakin imut dan lucu. Memanfaatkan minyak kelapa untuk perawatan rambut bayi dapat Moms lakukan secara perlahan dan lembut kepada bayi, hal ini juga bisa membuat bayi lebih rileks dan tenang.

3. Mengurangi pengelupasan kulit kepala bayi

Sudah menjadi hal yang umum jika kulit kepala bayi seringkali mengalami Cradle cap. Cradle cap adalah masalah yang sering sekali dialami bayi. Cradle cap merupakan dermatitis yang terjadi di kulit kepala bayi dan terlihat seperti ketombe. Moms bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk membantu mengurangi Cradle cap, caranya usapkan secara merata minyak kelapa pada kepala bayi secara perlahan, kemudian diamkan selama 20 menit, setelah didiamkan selama 20 menit Moms bisa mensisirnya secara perlahan untuk membersihkan Cradle cap.

4. Untuk iritasi popok

Bayi yang mengalami iritasi karena pemakaian popok tentu akan merasa tidak nyaman dan menjadi rewel. Pemakaian minyak kelapa untuk iritasi kulit akibat pemakaian popok tidak boleh dibiarkan karena akan membuat bayi kurang nyaman, Moms bisa mengoleskan minyak kelapa pada bagian iritasi tersebut secara perlahan dan lembut. Minyak kelapa sangat baik digunakan untuk mengobati ruam atau iritasi popok karena tidak mengandung bahan kimia seperti obat atau gel iritasi lainya.

Baca Juga : 6 Keunggulan Minyak Goreng Kelapa

5. Meredakan Gatal karena gigitan serangga

Gigitan akibat serangga tentu sangat membuat bayi tidak nyaman, sebagai orang tua yang mengalami hal ini tentu menjadi khawatir. Jika bayi tergigit serangga Moms bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai alternatif untuk menangani hal ini. Caranya adalah Moms bisa mengoleskan minyak kelapa pada bayi, penggunaan minyak kelapa dalam hal ini sangat baik karena minyak kelapa mengandung asam lemak yang memiliki sifat anti serangga. Selain itu sifat inflamasi dan emolien yang ada pada minyak kelapa akan mengurangi rasa sakit pada kulit yang disebabkan gigitan serangga.

6. Mengobati luka bakar dan benturan

Pengobatan pada kulit karena luka bakar merupakan hal yang harus segera dilakukan karena jika tidak maka luka bakar akan menimbulkan bekas yang sangat mengganggu pada penampian kulit. Minyak kelapa murni memiliki sifat antimikroba dan beberapa senyawa bioaktif lainnya yang dapat membantu penyembuhan. Namun, disarankan untuk mencari nasihat medis sebelum melanjutkan dengan pengobatan rumahan. Pengobatan luka bakar dengan menggunakan minyak kelapa dapat menyamarkan bekas luka akibat luka bakar.

7. Mengurangi bibir kering dan pecah-pecah

Tidak jarang memang kondisi bayi yang masih sensitif salah satunya pada bagian bibir bayi membuat bibir menjadi pecah-pecah, hal ini dipengaruhi karena bayi masih sangat sensitif terhadap suhu. Kondisi bibir bayi yang mengalami pecah-pecah dan kering bisa menjadi masalah pelik bagi Si Kecil, terutama karena menyulitkan bayi untuk menyusu. Mom bisa menggunakan Minyak kelapa untuk mengoleskannya secara perlahan pada bibir bayi agar tetap lembab pada suhu tertentu.

Untuk Moms Minyak kelapa sangat baik digunakan untuk memasak, Ibu menyusui dapat menggunakan minyak kelapa untuk memasak atau mengkonsumsinya dengan cara lain. Konsumsi minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan aliran ASI.

Kandungan pada asam laurat pada minyak kelapa sangat bermanfaat bagi ibu dan bayinya. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan kekebalan dan membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan.

> Baca Juga : 7 Faktor dan Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.