7 Tips Pemasaran Bisnis Kuliner Skala Rumahan

[ARTIKEL] 28 Jul 2021

Tips Pemasaran Bisnis Kuliner Skala Rumahan

Tips Pemasaran Bisnis Kuliner Skala Rumahan

Menjalankan bisnis kuliner memang memiliki tantangan tersendiri, terlebih ketika dihadapkan banyak kompetitor yang tersedia lingkungan anda. Namun dengan menggunakan strategy dan trik anda masih tetap bisa bersaing untuk menjalankan bisnis tersebut. Karena faktanya konsumen memang perlu diberikan pilihan yang membuat mereka tertarik untuk membeli dan menjadi pelanggan anda tentunya dengan strategi-strategi pemasaran yang perlu dilakukan.

Strategi pemasaran untuk bisnis kuliner rumahan memang tidak bisa disamakan dengan skala yang lebih besar, namun beberapa trik masih bisa anda lakukan untuk memaksimalkan pemasaran. Didukung dengan adanya perkembangan teknologi seperti sosial media dan layanan online food bisa menjadi solusi untuk mendukung pemasaran bisnis kuliner rumahan. Nah untuk memaksimalkan hal tersebut berikut ini akan kami bagikan tips nya untuk anda.

Simak Tips dan Trik Pemasaran Bisnis Kuliner Skala Rumahan :

1. Buatlah menu yang menarik dan Kekinian

Dengan tersedianya menu yang menarik tentu akan menjadi pembeda dengan resto lain di aplikasi online food, hal ini bisa menarik perhatian para calon konsumen ketika mereka mengeksplor makanan di aplikasi sehingga berpotensi mengklik menu anda dan mengordernya.

2. Maksimalkan foto makanan dan minuman

Memaksimalkan foto makanan dan minuman merupakan hal yang sangat penting, dengan dukungan visual yang baik dan komposisi foto menu yang terlihat profesional akan memberikan kesan pertama yang maksimal untuk calon pelanggan, sehingga besar kemungkinan calon pelanggan akan melihat menu tersebut yang berpotensi menjadi order.

3. Buat variasi paket menu lengkap

Tersedianya paket menu yang lengkap dengan makanan dan minuman menjadikan para calon pelanggan lebih mudah untuk memilih menu dan tidak perlu repot menambahkan menu lagi. Variasi pekat menu biasanya juga dibarengi dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan order satu per satu.

4. Buatlah diskon atau potongan harga

Memberikan potongan harga pada setiap menu menjadikan calon konsumen lebih penasaran, terlebih lagi ditambah dengan menu yang lengkap dan terlihat menggoda. Visual baik dan tersedia diskon tentu hal ini akan menarik perhatian calon pelanggan ketika mencari menu yang terlihat enak dan lebih murah.

5. Ikuti program-program yang ditawarkan pihak aplikasi online food

Ketikan anda bergabung menjadi mitra pada aplikasi online food tentu anda sudah memahami dasar-dasar yang harus anda lakukan seperti memastikan menu tersedia, pengaturan jam buka dan tutup dan menerima order hingga selesai. Dari beberapa dasar yang tersebut, ada hal lain yang perlu anda ketahui terutama jika anda memperhatikan program-program yang ditawarkan oleh pihak aplikasi. Mengikuti program yang disediakan oleh pihak aplikasi akan berpotensi mendapatkan order yang lebih banyak untuk bisnis anda, jadi jangan ragu mengikuti program tersebut dan perhatikan dengan teliti komisi pembagian yang ditawarkan agar anda tetap bisa mendapatkan profit dari program tersebut.

6. Bagikan ke sosial media

Berkembanganya tekhnologi sosial media dapat memudahkan strategi promosi ketika menjalankan bisnis, apalagi hampir semua orang menggunakan sosial media, tentu hal ini akan berpotensi mengenalkan produk dan menu anda kepada lebih banyak orang. Sosial media yang saat ini paling banyak digunakan dan bisa anda manfaatkan untuk promosi seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan WhatsApp. Memanfaatkan social media sebagai salah satu strategi promosi bisa membantu memaksimalkan bisnis anda dikenal banyak orang.

7. Gunakan iklan berbayar jika perlu

Penggunaan Iklan berbayar memang tidak menjamin dapat memberikan banyak order untuk bisnis, namun penggunaan iklan tidak semata-mata untuk mendapatkan order, ada banyak keuntungan lain yang bisa anda dapatkan seperti brand awareness, follower, interaksi, mengumpulkan no kontak dan email. Ketika anda sudah mendapatkan data tersebut tentu akan sangat bermanfaat sebagai database pelanggan yang sesuai dengan bisnis anda. Beberapa iklan berbayar yang bisa anda gunakan seperti Google Ads, Facebook dan Instagram Ads, TikTok Ads.

Demikian 7 Tips yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan bisnis kuliner rumahan, semoga dengan tips tersebut anda bisa mendapatkan potensi order yang lebih banyak. Didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin maju juga dapat memudahkan strategi pemasaran secara online. Namun tak lupa untuk menggunakan bahan pendukung yang juga menguntungkan untuk bisnis seperti minyak goreng yang digunakan.

Dengan menggunakan minyak goreng yang lebih hemat dan tidak mudah susut dapat menambah keuntungan anda ketika menjalankan bisnis kuliner. Minyak goreng kelapa Mamaco dapat mendukung hal tersebut, minyak goreng kelapa Mamaco memang sangat cocok digunakan untuk mendukung bisnis kuliner, selain bisa digunakan berkali-kali minyak kelapa Mamaco juga tidak mudah berubah warna dan tidak menempel pada hasil gorengan sehingga makanan akan lebih gurih dan krispi.

Baca Juga : Keunggulan Menggunakan Minyak Goreng Kelapa Mamaco untuk Memasak

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.