14 Bagian Ayam dan Contoh Olahanya

[ARTIKEL] 16 Sep 2021

14 Bagian Ayam yang Perlu Kamu Tahu dan Contoh Olahanya

Ayam merupakan makanan favorite untuk banyak orang, selain harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan daging, ayam juga dianggap sudah mampu mencukupi asupan kebutuhan sebagai nutrisi untuk tubuh. Bagian-bagian ayam juga mudah untuk diolah menjadi berbagai masakan. Mulai dari digoreng hingga disemur atau dijadikan opor.

Bagian-bagian yang terdapat pada ayam memiliki berbagai nama serta olahan yang cocok untuk bagian itu sendiri, Nah berikut ini akan kami bagikan bagian-bagian ayam serta contoh olahannya. Simak terus ya..

1. Ayam Utuh (Roasted full Chicken)

Ayam Utuh Menu olahan ayam yang masih utuh cocok untuk dijadikan makanan sharing bersama teman atau keluarga, di mana dengan menu ayam utuh setiap orang bisa mengambil ayam sesuai dengan selera mereka masing-masing. Menu olahan ayam utuh sering disajikan dengan jenis olahan dibakar maupun digoreng, bumbu yang disajikan juga bermacam-macam, mulai dari saus kacang hingga kecap pedas dan manis.

2. Kepala Ayam

Kepala Ayam Di bagian atas, ada kepala ayam dan lehernya. Kadang dua bagian ini di potong terpisah. Tapi ada juga yang dijadikan satu, kepala ayam tidak terlalu mengandung banyak daging, namun banyak juga yang gemar makan kepala ayam ini, selain digoreng kering dan biasanya dimakan dengan sambal bawang atau biasa disebut pecel ayam. Selain itu, kepala ayam juga biasa dijadikan untuk campuran pada sup ayam dan soto ayam.

3. Dada Mentok (Keel)

Dada Mentok Potongan dada ayam ini yang paling favorit karena paling banyak dagingnya. Dada ayam merupakan potongan gabungan dari dada dan sayap ayam dan sering disebut dada mentok. Dada ayam biasa disajikan dengan cara digoreng dengan bumbu yang asin gurih atau dijadikan ayam bacem.

4. Dada Fillet

Ayam Fillet Hampir sama dengan dada mentok, namun pada bagian ini tidak ada lagi daging dan kulit, bagian ini kaya protein dan minim lemak dari kulitnya, dada filler sering dikonsumsi oleh mereka yang lagi diet atau dijadikan sebagai olahan sosis, bakso dan nugget.

5. Paha bawah (Drumstick)

Paha bawah (Drumstick) Bagian yang paling banyak disukai semua orang, selain bentuknya yang menggoda selera bagian ini juga jadi favorit anak-anak dan yang paling familiar karena gampang dibedakan. Selain digoreng atau dipanggang bagian drumstick ini juga jadi kegemaran jika dijadikan ayam kentucky.

6.Bagian paha atas (Rib)

paha atas Bagian paha atas ini merupakan daging paha yang bentuknya lebar dan diambil bagian atas kaki pahanya saja, umumnya paha atas lebih sedikit dagingnya. Namun karena masih dalam kategori paha bagian ini juga banyak yang menyukainya. Biasanya bagian paha atas ini banyak diolah menjadi ayam kentucky, ayam goreng dan ayam panggang.

7. Paha

Paha Paha yang ini jauh lebih besar ukurannya karena bagian atas kaki pahanya tidak dipotong karena gabungan antara paha atas dan paha bawah. Ini adalah bagian ayam terbaik jika diolah jadi ayam goreng kentucky, karena banyak dagingnya maka bagian ini menjadi favorit banyak orang untuk menikmatinya.

8. Sayap (Chicken Wings)

Sayap (Chicken Wings) Bagian sayap utuh tidak terlalu mengandung banyak daging, tapi tetap lezat untuk dikonsumsi. Selain digoreng, sayap ayam juga saat ini banyak dijual sebagai makanan di restoran dan di pinggir jalan dengan cara dipanggang dan dinikmati dengan berbagai jenis bumbu dan saus pilihan.

9. Pangkal Sayap

Pangkal Sayap Lebih kecil dari sayap utuh, ada bagian pangkal sayap yang merupakan potongan sayap ayam dari siku hingga bahunya saja. Bagian ini juga bisa jadi favorit banyak orang. Jenis olahanya pun beragam mulai dari digoreng kering, dipanggang, campuran sup dan soto hingga dijadikan sajian ayam sayam buffalo.

10. Ayam belah dua

Ayam belah dua Ukuran yang besar karena hanya dibelah menjadi dua bagian menjadikan masing-masing bagian memiliki ukuran dan bagian yang sama rata. Olahan yang biasa digunakan untuk ayam belah dua ini adalah dipanggang. Ayam panggan ini memiliki jenis potongan separuh mulai dari bagian dada hingga punggung.

11. Jeroan

Jeroan Jeroan ayam seperti hati dan ampela adalah bagian yang paling favorite. Karena rasanya yang khas dan enak menjadi pilihan banyak orang untuk memakan nya. Olahan yang cocok untuk bagian ini adalah digoreng, dijadikan sambal kentang dengan ati ayam, atau dijadikan sebagai sate ati ayam.

12. Usus ayam

Usus Ayam Usus ayam memang tidak terlalu diperhatikan jika kita memotong ayam sendiri, namun usus ayam ternyata memiliki banyak penggemar lho. Biasanya usus ayam digabungkan dengan ati ampela dengan cara diikat menjadi satu bagian. olahan usus pada ati ampela bisa kita temukan di rumah makan padang dengan jenis olahan semur dan santan atau sambal balado. Jenis olahan lain dari usus ayam yaitu sate usus yang ditusuk sedemikian rapi dan bisa kita temui di angkringan pinggir jalan. Usus ayam juga banyak diolah menjadi kripik usus dengan berbagai varian rasa.

13. Cakar (Chicken Feet)

cakar ayam Cakar merupakan bagian paling bawah dari ayam yang memiliki penggemarnya sendiri dan bisa diolah jadi makanan lezat. Selain rendah lemak, kandungan pada kaki ayam juga sangat baik untuk kulit. Cakar ayam bisa banyak diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari digoreng, di bacem, hingga campuran berbagai sop dan soto.

14. Kulit Ayam

Kulit Ayam Bagian kulit ayam saat ini banyak yang menggemari juga lho, selain rasanya yang unik dan teksturnya yang kenyal .Kulit ayam biasa diolah dengan cara digoreng dengan tepung bumbu, rasa gurih dan asin ditambah dengan tekstur yang lembut dan kenyal menjadi favorit banyak orang untuk menikmatinya.

Demikian 14 bagian ayam yang bisa kami bagikan, semoga bisa menambah wawasan serta pengetahuan anda. Selain memiliki banyak bagian, ayam juga bisa dijadikan berbagai kreasi makanan yang enak. Nah jangan lupa juga untuk menggunakan minyak goreng Kelapa Mamaco untuk menggoreng dan memasak berbagai jenis olahan ya Moms.

Selian sehat dan hemat, menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco juga bisa menambah citarasa makanan menjadi lebih gurih dan kriuk. Karakter minyak yang lebih encer dan jernih serta lebih irit dan bisa dipakai berulang kali menjadikan minyak goreng kelapa Mamaco sebagai pilihan yang tepat untuk semua kebutuhan memasak.

Beli Sekarang

Baca Juga : Referensi Menu Olahan Daging yang Unik dan Kekinian

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.