6 Macam Teknik Memotong Sayuran Simple dan Praktis

[ARTIKEL] 21 Sep 2021

Memasak sayuran di dapur sudah menjadi hobi dan kebiasaan yang menyenangkan bagi banyak orang, namun ketika memotong jenis sayuran tersebut masih ada yang belum tahu istilah teknik memotong sayuran. Nah, berikut ini akan kami berikan 6 macam teknik memotong sayuran agar lebih rapi dan cantik.

6 Macam Teknik Memotong Sayuran :

1. Dadu (Dice)

Teknik potongan Dadu (Dice)

Teknik potongan Dadu (Dice) atau yang dikenal dengan potongan dadu merupakan potongan basic yang sering ditemukan. berbagai jenis sayuran seperti kentang, tempe, labu, umbi-umbian dan buah-buahan banyak menggunakan teknik potongan dadu. Potongan dadu ini memiliki beberapa jenis dan ukuran yaitu: large dice, medium dice, dan small dice.

2. Balok (Jardiniere)

Teknik Balok (Jardiniere) Teknik Balok (Jardiniere) adalah potongan sayuran berbentuk balok, bentuknya kotak memanjang. Umumnya ditemukan pada sayur wortel, lobak, timun dan kentang. Biasanya juga digunakan untuk memotong tempe untuk membuat kering tempe. Untuk membuat potongan teknik Balok (Jardiniere) caranya adalah memotong sayur dengan ukuran panjangnya berkisar 3 cm terutama wortel, timun atau lobak.

3. Iris (Slice)

Iris (Slice) Teknik Iris (Slice) merupakan potongan sayuran yang paling sering ditemukan dan sangat dasar sekali. Slice atau iris merupakan teknik memotong secara horizontal atau miring dengan merata. Potongannya bisa berukuran irisan tebal atau tipis. Biasa ditemukan pada timun, wortel, tomat, lemon, bawang dll.

4. Tipis Melintang (chiffonade)

Teknik memotong Tipis Melintang (chiffonade) Teknik memotong Tipis Melintang (chiffonade) adalah potongan yang biasanya ditemukan pada sayuran seperti kol, sawi, seledri, daun herbal dan sebagainya. Bentuk dari potongan chiffonade adalah berupa irisan tipis melintang. Biasanya potongan sayuran yang menggunakan teknik ini ditemukan di makanan seperti bakwan atau salad. Cara memotongnya yaitu dengan menggulung sayuran atau daun herbal terlebih dahulu, lalu mengirisnya secara tipis-tipis hingga terbentuk irisan tipis melintang.

5. Sesuai Bentuk (wedges)

Teknik Sesuai Bentuk (wedges) Teknik Sesuai Bentuk (wedges) merupakan teknik memotong sayuran atau buah yang potongannya sesuai dengan bentuk juring sayur atau buah itu sendiri. caranya yaitu dengan memotong sayuran atau buah yang potongannya sesuai dengan bentuk juring sayur atau buah itu sendiri. Contohnya seperti tomat dan kentang.

6. Cincang (Minced)

Teknik Cincang (Minced) Teknik Cincang (Minced) ini mirip dengan chopped (potongan cincang yang tidak beraturan), tapi ukurannya lebih halus lagi. Sama halnya dengan chopped, biasanya potongan dengan teknik minced sering dijumpai untuk bumbu masakan, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe dan lain sebagainya.

Demikian Artikel tentang 6 Macam Teknik Memotong Sayuran Simple dan Praktis, semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kita tentang teknik memotong agar lebih paham dengan dan bisa diterapkan dengan tepat akan menggunakan teknik apa ketika memotong sayuran. Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco untuk mendukung semua jenis masakan, selain lebih hemat dan sehat, menggunakan minyak goreng kelapa Mamaco dapat menambah cita rasa makanan lebih gurih dan lezat.

Beli Sekarang

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.