10 Peran dan Manfaat Gula pada Roti dan Baking

[ARTIKEL] 27 Sep 2021

Roti merupakan makanan yang banyak digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak - anak hingga orang Dewasa. Pembuatan roti dengan berbagai jenis dan variasi tentu tidak lepas dari peran salah satu bahan dasar yaitu gula. Gula yang terdapat pada roti tentu memiliki fungsi dan tujuan tertentu agar aroma, warna serta rasa roti menjadi lebih menggoda.

Gula yang terdapat pada roti tidak serta merta hanya memberikan rasa manis, namun peran gula pada roti memiliki fungsi yang cukup banyak. Nah, berikut ini akan kami bagikan 10 peran gula pada pembuatan roti yang perlu Moms ketahui.

10 Peran dan Manfaat Gula pada Roti dan Baking yang Perlu Diketahui

1. Memberikan rasa manis

Tentu saja, peran pertama dari gula adalah untuk memberikan rasa manis pada roti, roti yang memiliki rasa manis dibuat dari adonan dengan bahan campuran gula di dalamnya, sehingga hasil roti menjadi lebih manis ketika dikonsumsi.

2. Sebagai Caramel

Gula sebagai karamel perlu melalui proses pemanasan, ketika dipanaskan gula akan berubah menjadi karamel dengan tekstur yang lembut, caramel memiliki fungsi yang penting untuk berbagai jenis roti agar warna lebih cantik dan menggoda selera untuk makan.

3. Mempercantik Roti

Sebagai bahan yang bisa diproses menjadi banyak jenis, gula dapat digunakan sebagai bahan untuk mempercantik roti dan kue. Mulai dari gula yang kasar, halus hingga cair, masing masing bentuk gula tersebut bisa digunakan untuk berbagai hiasan roti agar tampilan lebih cantik dan menggoda selera makan.

4. Membantu Melunakan Adonan

Peran penting gula selanjutnya adalah untuk pelunak pada adonan roti, gula yang mulai larut dan tercampur dengan air pada saat membuat adonan, gula dapat membantu menunda pembentukan gluten dan dapat membantu pembentukan struktur. Sehingga roti atau baking akan menjadi lebih empuk dan enak.

5. Makanan bagi ragi

Selama fermentasi, gula akan bermanfaat dan berfungsi untuk makanan ragi, sehingga makanan yang dipanggang dan mengandung ragi ataupun ragi alami gula sangat berperan penting pada proses tersebut.

6. Membantu Melembabkan Roti

Salah satu sifat yang terdapat pada gula yaitu sifat higroskopis, sifat yang terkandung dalam gula akan menarik dan mempertahankan kelembaban, sehingga roti maupun baking akan memiliki ketahanan lembab yang lebih baik.

7. Mengatur fermentasi

Manfaat selanjutnya dari Gula yaitu dapat berfungsi sebagai starter mikroorganisme untuk mempercepat proses fermentasi. Pengaruh dosis ragi dan penambahan gula pada adonan akan memberikan peran yang sangat penting bagi roti dan baking.

8. Memberikan warna pada kulit roti

Kulit roti yang memiliki warna kecoklatan dan mengkilat tentu tidak lepas dari peran gula, ketika telah menjadi karamel, gula dapat digunakan sebagai warna pada kulit roti, sehingga menjadikan roti memiliki tampilan yang lebih bagus dan menggoda selera untuk makan.

9. Menambah nilai gizi

Roti atau baking yang mengandung gula tentu tidak lepas dari nilai gizi gula yang terkandung pada roti dapat membantu memberikan tambahan gizi untuk tubuh. Kandungan gizi pada gula antara lain adalah Energi,Karbohidrat, kalsium, fosfor hingga kalium.

10. Membangun Struktur Krim (agen bulking)

Gula yang dicampur merata dengan mentega akan menghasilkan krim, udara yang masuk pada campuran tersebut membentuk kantung udara kecil yang akan berfungsi mengembangkan adonan pada saat dipanggang. Baking yang mengembang tentu tidak lepas dari fungsi gula yang terkandung di dalamnya.

Nah demikian artikel tentang 10 Peran dan Manfaat Gula pada Roti dan Baking semoga dapat menambah wawasan kita tentang manfaat lain dari gula yang belum kita ketahui.

Selanjutnya jika Moms suka membuat kue atau baking, jangan lupa untuk menggunakan produk Mamaco Crystal pada semua jenis adonan Moms. Menggunakan produk Mamaco Crystal dapat menambah volume adonan sehingga dapat lebih menguntungkan. Kue kering yang dibuat dari adonan dengan tambahan Mamaco Crystal juga bisa lebih renyah lho Moms. Selain itu dengan menggunakan Mamaco Crystal hasil akan lebih sehat dan dapat membantu mengurangi resiko berbagai penyakit seperti kanker.

Mamaco Box crystal 500 Gram 1

Beli Sekarang

Baca Juga : 5 Cara Mixer Adonan Kue yang Benar Agar Lebih Merata

Lihat Artikel Lainnya




Download Mamaco untuk mendapatkan informasi mengenai resep-resep pilihan kami.